ATLET PANAHAN KARAWANG BERLOMBA DI CILAMAYA - PELITA KARAWANG

Breaking

Post Top Ad

pasang

Selasa, 16 Mei 2017

ATLET PANAHAN KARAWANG BERLOMBA DI CILAMAYA

KARAWANG, PEKA. - Para atlet panahan dari tingkat SD, SMP/MTs hingga SMA/SMK dilombakan dalam kegiatan Riung Panahan Karawang di halaman kampus SMK Iptek Cilamaya. Dengan jenis panah standar bow, para atlet satu persatu membidik tenaga dan konsentrasi rambahan busur panah tepat sasaran lewat penilaian juri dari Pengurus Cabang (pengcab).
Lomba Riung Panahan Karawang
Pengarah Kegiatan even Riung bareng Panahan karawang, Egi Giantara S.Pd . mengatakan, pihaknya menjaring undangan ke sekolah/madrasah yang memiliki atlet-atlet panah untuk ikut serta, utamanya diwilayah sekitaran Cilamaya Wetan, Cilamaya Kulon, Banyusari, Telagasari dan Tempuran. Wal hasil, dari target 42 orang atlet yang ikut serta, ternyata saat pelaksanaan, even yang menyertakan registrasi tersebut mencapai lebih dari 55 atlet, dengan rincian pemula junior jarak 10 meter, Senior B 30 meter dan senior A 30 meter. Dari hasil ini, nanti akan dipilih dan direkomendasikan atlet-atlet tangguh panahan untuk diperhitungkan jelang persiapan Popda 2018 mendatang.

"Kita sediakan Trophy dan sertifikat untuk para peserta lomba panahan ini. " Ujarnya.
Lewat penjurian dari Pengurus Cabang, sambung atlet Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Mahasiswa di Yogjakarta ini, para peserta bidik skor tertinggi, dengan 12 Penembakan dan 36 anak panah di bagi 3 Rambahan. Panah yang digunakan sendiri, masih jenis Standar Bow, bedanya dari kualitas lain adalah dari busur dan katrolnya.
Belum semua sekolah sambung Egi, minat dengan eskul panahan ini, padahal meskipun secara fisik nampak terlihat santai, tapi olahraga ini membutuhkan tenaga bidikan, konsentrasi dan optimistis. Sebab, dibanding olahraga lainnya, panahan cenderung mengandalkan konsetrasi dan mental diri sendiri, karena memang tidak memiliki musuh dan tidak ada kecurangan, artinya Panahan ini adalah olahraga yang transparan dan terukur.
"Di Karawang sendiri untuk tingkat SMA/SMK, hanya Iptek Cilamaya dan SMK PGRI Telagasari yang miliki eskul Panahan ini," Pungkasnya.
Kepala SMK Iptek Cilamaya, Engkos Kosim M.Si mengatakan, sebagai SMK yang memiliki eskul Panahan, merasa perlu menggelar perhelatan sebagai tuan rumah bagi sekolah lain untuk mengekslor kemampuan dalam perlombaan. Karena, meskipun jarang dikenal, olahraga panahan ini diyakininya akan semakin maju dan berkembang dilembaga-lembaga pendidikan. Di SMK Iptek sendiri, pihak sekolah fasilitasi 10 panah untuk anak-anak berlatih secara berkelanjutan, setidaknya bukan saja bisa berprestasi untuk sekolah, tapi menjadi bakat saat nanti diperguruan tinggi untuk selalu ikut serta di even-even kejuaraan. Oleh sebab itulah ia berharap, Even Riung atlet panahan Karawang tingkat Pelajar ini bisa terus dilakukan rutin, bukan saja di SMK Iptek sebagai tuan rumah, tapi juga di sekolah-sekolah lainnya, minimal memperkenalkan olahraga ini yang kaya konsentrasi.

"Dikita memang ada Eskul, jadi sebagai tuan rumah kita sangat apresiasi, karena semua atlet di Karawang kumpul di sekolah kami," Pungkasnya.#Rs-fr.
Posting Komentar