Bupati Karawang :Angka Kematian Ibu dan Anak Masih Tinggi - PELITA KARAWANG

Breaking

Post Top Ad

Kamis, 18 Mei 2017

Bupati Karawang :Angka Kematian Ibu dan Anak Masih Tinggi

Karawang,PEKA. - Sebagai pos pelayan terpadu (posyandu) bagi masyarakat memiliki peran penting dalam menumbuhkan kesadaran pada masyarakat untuk lebih memperhatikan kesehatan. Peningkatan kualitas kinerja kader posyandu berperan penting dalam meningkatkan fungsi posyandu agar sesuai dengan apa yang diharapkan oleh masyarakat, yakni menjadi pos pelayanan terpadu dan utama bagi masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan.

Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang, sebagai dinas yang menangani bidang kesehatan seperti Posyandu, mengadakan kegiatan Jambore Kader Posyandu Tahun 2017, yang diadakan di RM.Indoalam Sari pada hari Rabu (17/5).

Menurut laporan ketua panitia Drg. Nanik Jodjana, MKM menginformasikan bahwa kegiatan jambore kader posyandu ini dihadiri oleh 650 kader yang berasal dari  550 posyandu se-Kabupaten Karawang.

Dalam sambutannya Bupati menyampaikan,  posyandu adalah tempat pemeliharaan kesehatan dari, oleh dan untuk masyarakat. 

Kemudian katanya,kehadiran posyandu ini adalah kesadaran,keperdulian  dan keinginan dari masyarakat supaya kondisi kesehatan keluarga, baik di lingkungan terwujud dalam cita-cita masyarakat yang tergabung dalam posyandu.

“Saya yakin tanpa ada uluran tangan, bantuan, bimbingan dari kader-kader Posyandu,rasanya sulit bagi posyandu yang berada di desa dan kecamatan untuk lebih maju dan mandiri karena sumber daya manusia kita apalagi yang berada di pedesaan masih terbatas, termasuk fasilitas dan  pendataan juga masih minim,”timpalnya.

Maka dari itulah pemerintah kabupaten Karawang menyelenggarakan acara ini sehingga kader-kader posyandu yang ada di Karawang baik yang ada di desa maupun kecamatan mendapat pembekalan, arahan.

Bupati menambahkan, banyak sekali manfaatnya yang bisa didapat oleh kader-kader posyandu dan kader-kader PKK melalui acara ini seperti dalam meningkatkan kesehatan masyarakat. Acara ini juga merupakan ajang silaturahmi para kader PKK dan Posyandu.  Karena melalui acara ini, para kader dapat saling bertukar pikiran, pengalaman. 

“Semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik, sukses, tercapai tujuan yang diharapkan sehingga pelayanan masyarakat di Karawang khususnya di desa dan kecamatan dapat meningkat lebih baik, “ harapnya.

Ditambahkan bupati, tentunya tujuan diadakannya kegiatan Jambore Kader Posyandu ini secara umum adalah untuk meningkatkan fungsi dan kinerja posyandu dan secara khusus untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan kader dalam meningkatkan kesehatan masyarakat.

“Masih tingginya angka kematian ibu dan bayi di Indonesia menjadi pekerjaan rumah kita bersama yaitu masyarakat dan pemerintah. Angka kematian tersebut merupakan salah satu indikator untuk mengukur Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dari suatu daerah,” katanya.

Bupati pun berhatap agar para kader dan pengurus dinas terkait dapat mengoptimalkan kinerja posyandu sebagi pos pelayanan pertama bagi masyarakat, selain itu beliau memberi masukan kepada Dinas Kesehatan agar kedepan dapat menyelenggarakan kegiatan ini dua kali setahun.

“Sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas para kader posyandu, saya berpesan kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang agar dapat menyelenggarakan kegiatan ini tidak hanya satu kali setahun, tetapi dua kali. Hal ini dilakukan agar para kader posyandu se-Kabupaten Karawang dapat saling bersilahturahmi dan sharing pengalaman juga pengetahun demi terwujudnya kader posyandu yang lebih baik lagi kedepannya” ,harap Bupati Karawang.#fd.
Posting Komentar