Cair Tahap Satu, Penerima PKH Dipukul Rata RP 500 Ribu - PELITA KARAWANG

Breaking

Post Top Ad

pasang

Jumat, 26 Mei 2017

Cair Tahap Satu, Penerima PKH Dipukul Rata RP 500 Ribu


KARAWANG - PEKA - Pencairan Program Keluarga Harapan (PKH) tahap 1 jelang akhir Mei ini berbeda dari tahun - tahun sebelumnya. Pasalnya, disamping penerima PKH mendapatkan Kartu ATM tabungan non tunai, pencairan tahap 1 ini juga dipukul rata Rp 500 ribu untuk setiap kategori penerimanya.

Penerima PKH
Pendamping PKH Kecamatan Lemahabang, Basyit mengatakan, seyogyanya pencairan PKH tahap 1 ini sudah turun sejak Maret, namun dengan beragam kendala baru bisa dicairkan jelang akhir Mei ini. Ada hal yang berbeda dalam proses pencairan PKH ditahun ini, karena kedepan penerima PKH semua  kategori seperti Ibu hamil, Ibu Menyusui, Balita, anak sekolah SD - SMA, Lansia dan Disabilitas akan menerima bantuan langsung melalui ATM dan masuk tabungan, tidak seperti tahun kemarin yang harus antri di kantor-kantor Pos. Simbolis pemberian kartu dan PIN nya itu sebut Basith, dilakukan di Kecamatan Lemahabang pada Kamis pagi 25/6. Itu dilakukan kemungkinan Pihak Kementrian Sosial (Kemensos) ingin menumbuhkan masyarakat gemar menabung.

"PKH tahun 2017 ini sekema bantuannya non tunai, jadi si Penerima manfaat mendapatkan Kartu tabungan ATM plus Pin nya." Ungkapnya.

Basyit menambahkan, selain simbolis diberikan kartu tabungan ATM dari BNI,  semua kategori penerima PKH ditahap pertama ini yang biasa berbeda nominalnya, khusus perdana dipukul rata masing-masing Rp 500 ribu dengan jumlah penerima dari 11 Desa sekitar 2.250 orang. Untuk ditanggal 25 Mei ini, uang tunai dan kartu tabungan itu dibagikan kepada 4 Desa yaitu Desa Ciwaringin, Karyamukti, Karangtanjung, dan Lemahabang, sementara ditanggal 27 Mei yaitu Desa Lemahmukti, Pulojaya, Pasirtanjung, Pulokalapa, Waringinkarya dan Pulomulya. 

Pihaknya sebut Basyith, juga meminta bantuan para Kepala Desa, karena dimungkinkan masih ada perbedaan data antara yang di KK dan KTP, baik mengeluarkan surat keterangan dan lainnya. Karena, pemberian kartu non tunai ini harus detail datanya valid.

"Semua Kategori penerima ditahap pertama ini dipukul rata Rp 500 ribu," Ungkapnya.

Pendamping PKH lainnya, Elam Jajang Lesmana mengatakan, ditanggal 23 - 27 Mei ini merupakan agenda pencairan PKH tahap 1, sekitar 2.200 KSM akan menerimanya rata Rp 500 ribu ditahap 1 ini, sebab ditahap ke 2, para penerima akan menerimanya dalam bentuk kartu non tunai yang diserahkan  BNI ditahap pertama ini. Sehingga, setiap kali pencairan PKH, tidak akan tampak lagi antrian dikantor-kantor Pos, sebab sudah diberikan masuk kedalam tabungan si penerima.

"Nanti diserahkan simbolisnya oleh BNI, jadi setiap cair gak antri lagi di Pos," Pungkasnya.#rs-fr.
Posting Komentar