Loading...

Dibuka Seleksi Kadishub Karawang

Cilamaya Tunggu Realisasi Lisdes Kementrian

TERBITKAN PELITA KARAWANG on Minggu, Mei 28, 2017

KARAWANG, PEKA. - Pemerintah Desa (Pemdes) Tegalwaru Kecamatan Cilamaya Wetan, menanti realisasi program Listrik Desa 450 Voltase untuk 116 Keluarga Miskin (Gakin) dari Kementrian ESDM. Selain mengajukan sudah lebih dari 2 tahun, selentingan kabar program Lisdes yang langsung dari pusat itu akan terealisasi ditahun ini.
Bendahara Desa Tegalwaru Yanto
Bendahara Desa Tegalwaru, Yanto mengatakan, dari 745 Gakin di Desa Tegalwaru, hampir sekitar 350 warga rumahnya belum teraliri listrik. Namun, dari jumlah ajuan itu, hanya di eksekusi 116 KK untuk pengadaan Lisdes langsung dari Kementrian. Jumlah ini sebut Yanto, menjadi jumlah terbanyak program Lisdes di Kecamatan Cilamaya Wetan jika benar akan realisasi ditahun ini. Apalagi, Lisdes dengan token dan voltase 450 ini sangat dinantikan. Sebab, banyak diantara Lisdes program Pemkab yang diturunkan adalah dengan daya 1.300 Voltage. Namun, karena ini adalah Program dari Kementrian Sosial (Kemensos) dan Kementrian Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM), voltage yang diambil akan meringankan masyarakat.

"Tegalwaru terbanyak di Cilamaya Wetan mah, dibanding Cikalong, Tegalsari dan Mekarmaya mah," Ungkapnya.
Kades Tegalwaru H Aruji Atmaja mengatakan, pihaknya masih menunggu realisasi dari program 2 Kementrian tersebut. Meski Lisdes ini di subsidi oleh Pusat, namun proses pengadaan dan pekerjaannya langsung dari PLN. Di Tegalwaru ini sambung Aruji, diplot 116 KK di 5 dusun yang ada, jumlah itu saat dicek memang belum dialiri listrik, ada yang belum, ada pula yang masih mengambil daya dari tetangga/kerabat rumahnya, sehingga Gakin ini perlu secara mandiri memiliki listrik meskipun menggunakan  pulsa Token. Ia berharap, kabar realisasi Lisdes ini yang akan turun Oktober, benar adanya. Disamping pihaknya juga berharap banyak realisasi program pusat yang turun ditahun ini seperti rutilahu dari LSM Habitat Forest Australia. 

"Kabarnya sih Oktober, tapi mudah-mudahan sih benar realisasinya, sebab kita pengajuan sudah 2 tahun lalu," Pungkasnya.#rs-fr.

Previous
« Prev Post

Related Posts

Minggu, Mei 28, 2017