Jakarta-PEKA-.Setelah menghebohkan media sosial dengan "ancaman" akan menenggelamkan masyarakat yang tak doyan makan ikan, kali ini Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti kembali viral dengan pidato berbahasa Sunda-nya soal pentingnya menangkap ikan dengan metode yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Akun Twitter resmi Kementerian Kelautan dan Perikanan di @kkpgoid pada Senin (22/5) mengunggah video satu menitan saat Susi berpidato mengenakan blus bermotif batik merah, dan berbicara masalah sumber daya alam (SDA).

"Kalau laut terus dieksploitasi menggunakan alat tangkap, maka akan habis ikannya. Saat saya sedang paddling saya bertanya, dapat ikan tidak? Nelayan menjawab hanya dapat satu udang jerebung," kata Susi dengan nada berapi-api dalam Bahasa Sunda.

Dalam  video berjudul "Terumbu Karang Bisa Ngendog" itu, Susi tampil dengan kaca mata bulat ala penyanyi John Lennon.

"Kalau laut dikeruk terus, bagaimana ikan bisa bertelur? Kita harus berpikir seperti itu. Terus anu ditewakan nu endogan. Emangna nu lalaki bisa endogan? (Yang bertelur diambil, memangnya jantan bisa bertelur?) Tidak bisa. Jangan suka bermimpi di siang hari!" kata Susi disusul derai tawa hadirin.#AN.