Jelang Bulan Puasa, Harga-harga Mulai Naik - PELITA KARAWANG

Breaking

Post Top Ad

pasang

Senin, 01 Mei 2017

Jelang Bulan Puasa, Harga-harga Mulai Naik

KARAWANG, PEKA - Menjelang Ramadhan harga sayuran dan daging sapi mulai mengalami kenaikan. Meski pun kenaikan biasa terjadi setiap tahun, namun kenaikan harga kali ini diperkirakan akan sangat berpengaruh mengingat kemampuan ekonomi masyarakat yang dinilai rendah. Khususnya di pasar baru Karawang, kenaikan harga yang paling mencolok diantaranya bawang putih, cabai dan daging sapi.

Ilustrasi Harga Sembako Melejit
Salah satu pedagang di pasar baru Karawang, Iyus mengatakan kenaikan harga tahun ini dianggap cukup besar dibandingkan tahun sebelumnya. Namun kenaikan yang terjadi belum begitu signifikan dan diperkirakan akan kembali meningkat beberapa minggu menjelang Ramadhan.

Iyus mengatakan harga-harga di pasaran sudah terasa cukup tinggi  dan sekarang pun pembeli akhirnya sepi. Iyus menuturkan beberapa jenis sayuran yang mengalami kenaikan yakni bawang putih yang semula seharga 40.000 rupiah perkilogramnya, kini menjadi 50.000 rupiah per kilogramnya.

“Kemudian cabai merah mengalami kenaikan harga jual dari 20 ribu rupiah per kilogramnya dan  kini menjadi 28 ribu rupiah per kilogram. Harga-harga tersebut diperkirakan akan terus naik tapi sulit untuk turun,” katanya.

Sementara itu pedagang lainnya di pasar baru Karawang, Winarti mengatakan kenaikan yang terjadi akan naik turun selama beberapa minggu sebelum Ramadhan. Namun terindikasi jika harga akan terus meroket dan dikhawatirkan hal itu semakin berdampak pada melemahnya daya beli masyarakat.

Winarti mengaku idealnya kebutuhan untuk Ramadhan semakin tinggi. Namun sejauh ini pembeli malah mengalami penurunan. “Kami khawatirnya dagangan semakin sepi pembeli,” pungkasnya.#oca-nv.
Posting Komentar