Jelang Puasa, Haul Makam Syech Quro akan Kembali Digelar - PELITA KARAWANG

Breaking

Post Top Ad

pasang

Senin, 08 Mei 2017

Jelang Puasa, Haul Makam Syech Quro akan Kembali Digelar


Karawang, PEKA. - Menjelang masuknya Bulan Suci Ramadhan, Minggu-minggu terakhir Syakban merupakan tanggal rutin pelaksanaan Haul Maqom Syech Qurotul ain di Pulobata Desa Pulokalapa Kecamatan Lemahabang. Tahun ini, rentetan kegiatan haul makam waliyullah tersebut akan dimulai pada Rabu 17 Mei hingga 21 Mei mendatang.

Ketua Panitia Haul Syekh Quro, Mohammad Acep mengatakan, rentetan haul akan kembali digelar jelang masuknya bulan Ramadhan, yaitu 10 hari jelang masuknya bulan puasa. Kali ini sebut Acep, rentetan kegiatan Haul mulai start pada tanggal 17 Mei dengan acara kirab, dilanjut 2 hari setelahnya yaitu tabligh Akbar dan gelar budaya babaritan yang merupakan puncak acara. Dimana masyarakat Pulokakalapa dengan beragam aksesoris dan pagelaran seninya, akan diantar kendaraan keliling kampung, dengan start di pertigaan jalan utama desa Pulokalapa di Dusun Krajan III pada pukul 16.00 sore." Rentetan acara haul dimulai 17 Mei dan akan berakhir 21 Mei ," Ungkapnya.

Lebih Jauh Acep menambahkan, selain Kirab, Tabligh Akbar dan Gelar budaya babaritan. Diakhir-akhir acara, pihak panitia juga menyuguhkan pagelaran Wayang Golek di sekitaran Komplek makam, bahkan untuk memeriahkan acara, selama 2 hari juga yaitu tanggal 20 - 21 digelar  tournamen bola volly putra. Diharapkan, selama pelaksanaan Haul, selain banyak dihadiri ara peziarah, besar harapan juga ikut serta diuncak acara, Bupati Karawang besama Muspida lainnya. Karena, agenda ini merupakan kegiatan rutin tahunan, dimana Haul disini adalah hari dimana Makam Syekh Quro di temukan oleh Abah Raden Sumadireja alias Abah Jiin. Anggaran sendiri, meruakan hasil sumbangsih para peziarah, baik diretribusi parkir, tiket masuk dan donatur. " 

Kita tidak targetkan berapa nanti peziarah dan masyarakat yang hadir, tapi besar harapan kami nanti di puncak acara-acara inti ini Bupati bisa berkenan hadir," Ujarnya.

Kades Pulokalapa Popon Fatmawati mengatakan, pelaksanaan Haul sudah dikomandoi panitia khusus setiap tahun, Pemerintah Desa siap mendorong dan mensukseskan acara sama-sama dalam pelaksanaannya nanti." Sudah dikomandoi panitia khusus, Pemerintah Desa suport suksesnya acara di hari H nanti," Pungkasnya.#Rsg
Posting Komentar