KARAWANG, PEKA. - Kwartir Ranting (Kwaran) Pramuka Kecamatan Lemahabang, tagih realisasi Bumi Perkemahan (Buper) yang dijanjikan pada Jambore Ranting (Jamran) tahun 2016 dari Pemkab Karawang. Bukan saja di Lemahabang, tetapi juga banyak di lokasi Kwaran Kecamatan lain yang sudah dijanjikan ditahun-tahun sebelumnya.

Ketua Kwaran Kecamatan Lemahabang, Asep sudana S.pd megatakan, saat diminta mencari tanah oleh Wakil Bupati disela-sela Jambore, pihaknya sudah melakukan dan temukan lokasi yang cocok di Desa Karyamukti, begitupun soal negosiasi harga dan ajuan yang melalui pihak kecamatan. Itu sebagai wujud keseriusan harapan Kwaran dan semua Kepala SD berikut guru memimpikan realisasi Buper mandiri di Karawang, tanpa kecuali Lemahabang.

Dijanjikan Rp 500 juta, sejauh ini belum ada tanggapan lanjutan realisasi atau sebatas persiapan realisasi. Padahal, harapannya sebut Asep, Gudep dan Kwaran inginkan Buper sudah ada kepastian sebelum pelaksanaan Jambore tahun ini.

"Janji dan perintah sudah kita upayakan, tapi ya belum juga ada tanggapan lanjutan," Ungkapnya.

Kabarnya sambung Asep, peralihan untuk pembelian tanah Buper dianggap ribet, karena harus ada izin dari Pemprov Jawa Barat, sebab nantinya buper ini menjadi aset Pemkab Karawang yang diperuntukan untuk kegiatan-kegiatan termasuk menjadi Buper. Di Karyamukti, pihaknya sudah paten menetapkan penawaran untuk 1 hektar lahan sawah, selain strategis juga bisa menjadi solusi atas janji yang selama ini diumbar. Apalagi, dirinya khawatir, Camat Lemahabang yang sudah memperjuangkan bersama soal Buper ini, pindah tugas ke Kecamatan lain. Untuk itu, ia menaruh harapan besar agar Kiranya Buper ini bisa ada realisasi segera, minimal kepastian di pos mana dianggarkan. Sebab melihat kondisi nampaknya, Pemkab cenderung prioritaskan jalan-jalan rusak, dengan kata lain pengadaan Buper ini ia merasa seperti bukan yang Urgen.

"Kita ingin kepastian ada gak di Pos tahun ini, melihat kondisi mah lebih prioritas jalan rusak kayaknya," Pungkasnya.

Camat Lemahabang, H Hamdani mengatakan,  Kewajiban pihak Kecamatan kaitan buper yang diharapkan Kwaran, sudah menyampaikan usulan. Mengenai kelanjutannya bagaimana, silahkan tanyakan kepada pihak yang memiliki anggaran." Kawajiban sudah dilaksanakan,  mangga bae taroskeun kanu gaduh anggaran," Pungkasnya.#Rs-fr.