Mendagri Minta Kepala Daerah Tunaikan Janji Kampanyenya

0
JAKARTA, PEKA. – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menegaskan kepala daerah terpilih harus segera menunaikan janji-janji kepada masyarakat yang telah diucapkan pada saat kampanye. Visi dan misi yang telah dicanangkan hendaknya direalisasikan sejak awal memangku jabatan sebagai kepala daerah.
"Singkatnya, Bapak dan Ibu jabarkan janji kampanye, kemudian fokus program tahun pertama - kelima harus teraspirasi dengan perencanan program dibahas dengan DPRD," ujar Tjahjo Kumolo saat Pembekalan Kepemimpinan Pemerintahan Dalam Negeri bagi Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Hasil Pilkada Serentak 2015 di (BPSD) Kemendagri, Senin (22/5)
Tjahjo mengatakan bupati/walikota memiliki program-program yang harus dilaksanakan. Upaya yang harus dilakukan adalah mengumpulkan SKPD-nya sampai kepala desa dan melakukan sinkronisasi.
"Wajib SKPD sampai kepala desa wajib jalankan program bapak ibu sekalian. Makanya undang SKPD paparan capaian program dan kalau tidak capai target ganti saja, karena pengaruhi program kerja bapak ibu sekalian termasuk sekda," jelas Mendagri lebih lanjut.
Menurutnya, sekertaris daerah (Sekda) harus merupakan orang kepercayaan bupati/walikota sehingga harus orang yang tepat agar program pembangunan daerah dapat berjalan dengan baik. Terlebih lagi terhadap program stragegis pemerintahan pusat, Kemendagri menyerukan kepala daerah untuk melaksanakan program tersebut dengan baik.
Pembekalan kepemimpinan ini diikuti oleh seluruh kepala daerah di Indonesai yang dilaksanakan di Aula BPSDM, Senin-Rabu (22-24 Mei). Dalam acara ini para kepala daerah dan wakil kepala daerah akan mengikuti arahan dari kementeriaan-kementerian dan institusi lainnya.


Sumbeer :  :Puspen Kemendagri
Posting Komentar