Menhub: Mudik Tak Perlu Pakai Motor, Daftarlah Mudik Gratis - PELITA KARAWANG

Breaking

Post Top Ad

Kamis, 18 Mei 2017

Menhub: Mudik Tak Perlu Pakai Motor, Daftarlah Mudik Gratis


JAKARTA, PEKA. - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pihaknya menyelenggarakan Program Angkutan Motor Gratis (Motis). Program tersebut dilakukan dengan tujuan mengurangi lalu lintas sepeda motor saat musim mudik.

Ilustrasi
Program Motis diselenggarakan oleh pemerintah melalui Kemenhub beserta BUMN dan sejumlah mitra kerja Kemenhub. Budi mengatakan pihaknya akan melakukan sosialisasi Program Motis secara intensif agar masyarakat bisa menggunakannya secara maksimal.

"Hari ini kita lakukan pengumuman tentang mudik gratis. Kita lakukan lebih awal karena kita ingin efektivitas mudik gratis ini bisa dimanfaatkan secara maksimal," ujarnya dalam jumpa pers bersama jajaran dirjen di kantornya, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (18/5/2017).



Budi mengatakan ingin sosialisasi mengenai program ini sampai kepada masyarakat secara maksimal. Ia mengatakan tak ingin mengulang kejadian pada mudik Lebaran tahun lalu.

"Tahun lalu program ini tidak bisa dimanfaatkan secara maksimal. Karena itu, sekarang kita ingin melakukan sosialisasi secara intensif. Apalagi memang kecelakaan motor itu banyak sekali, makanya kita mengimbau masyarakat mengurangi penggunaan motor ini," katanya.

Melalui Motis, masyarakat tidak perlu menggunakan kendaraan bermotornya untuk mudik Lebaran. Harapannya, jumlah kendaraan roda dua dan angka kecelakaan di jalan saat mudik Lebaran dapat ditekan serta tingkat keselamatan meningkat.

"Jadi tidak perlu menggunakan motor, apalagi jaraknya jauh. Gunakanlah mudik gratis ini. Karena jumlah penumpang yang kita siapkan juga cukup signifikan. Ada kenaikan sebesar 57 persen jika dibandingkan dengan jumlah tahun lalu. Kalau ini bisa digunakan, kita harap akan membantu mengurangi kemacetan arus lalu lintas dari Jakarta menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur," jelasnya.

Budi mengatakan total anggaran yang dikeluarkan dalam melaksanakan program ini menyentuh angka Rp 90 miliar. Karena itu, dia berharap program tersebut bisa mengurangi jumlah kendaraan bermotor selama mudik Lebaran, meskipun ia tidak menyebut secara spesifik mengenai persentase pengurangan tersebut.

"Kalau doa saya sih nggak ada. Namun saya pikir dengan ini (adanya Program Motis) kita ingin mengurangi. Kalau persentase kita tidak bisa memastikan. Karena banyak faktor lain. Tapi yang pasti kita ingin mengurangi," sebutnya.

Adapun jenis moda yang dapat menjadi pilihan angkutan Motis ini ada empat, yaitu kapal, truk, bus, dan kereta api. Kapasitas angkut sepeda motor secara keseluruhan mencapai angka 44.721, sedangkan jumlah penumpang yang dapat diangkut total 208.435 penumpang.

Masyarakat yang ingin memanfaatkan program Motis ini bisa langsung melakukan pendaftaran secara online maupun offline. Informasi selengkapnya dapat diakses melalui websitewww.mudikgratis.dephub.go.id

Sumber : Detiknews.com
Posting Komentar