Iklan
Loading...

Menimbun Sembako, Izin Distributor akan Dicabut

TERBITKAN PELITA KARAWANG on Kamis, Mei 25

BANDUNG, PEKA. - Kementerian Perdagangan bersiaga penuh untuk mencegah kelangkaan dan lonjakan harga barang pokok. Terutama, menjelang Puasa dan Lebaran tahun ini.

Ilustrasi 
Menurut Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita mengingatkan kembali pada semua distributor dan agen untuk melaporkan perusahaannya. Terutama, terkait gudang dan daftar stoknya.

"Karena  kalau tak melapor lalu ditemukan ada barang di gudangnya dan harga naik, maka saya bekukan izin, dan cabut izin," ujar Enggartiasto kepada wartawan usai Rapat Koordinasi dengan Disperindag Provinsi se Indonesia, Rabu (24/5).

Enggar kembali mengingatkan, agar pengusaha pangan tidak bermain-main dengan mengatur harga mau pun stok di pasaran. Karena, Ia akan segera menindak tegas jika hal ini dilakukan.

Enggar berharap, pelaku usaha agar segera mendaftarkan aktivitas usaha ke pemerintah. Laporkan perusahaannya, gudangnya, dan daftar stoknya. 

"Sekarang terus kita buka, daftar. Kalau ada yang tidak daftar lalu kena sanksi, itu salah sendiri, tanggung sendiri," katanya.

Koodinasi dengan Disperindag seluruh provinsi, kata dia, dilakukan untuk memastikan semua stok pangan aman. Ia pun, telag meminta Disperindag provinsi untuk meminta laporan harian ke kabupaten/kota agar terus melakukan pemantauan. 

Mendag juga menugaskan seluruh jajaran eselon I Kementerian Perdagangan mengawal target inflasi 2017 sebesar 4 persen + 1 persen dipengaruhi fluktuasi harga barang kebutuhan pokok.

“Langkah-langkah yang telah diambil yaitu koordinasi dengan instansi terkait koordinasi dengan pelaku usaha serta penugasan Bulog untuk stabilisasi harga,” kata Enggartiasto.

Langkah-langkah tersebut, kata dia, termasuk rapat koordinasi dan pemantauan langsung, serta fasilitasi penyediaan gula, minyak goreng, dan daging beku sesuai harga eceran tertinggi (HET). Dalam sebulan terakhir pemantauan Kemendag, harga barang kebutuhan pokok stabil bahkan cenderung turun, kecuali bawang putih yang sedikit naik hampir di seluruh provinsi akibat berkurangnya pasokan ke pasar.

Hasil rakor dan pantauan lapangan di gudang BULOG, PPI, dan distributor di daerah menunjukkan, stok barang kebutuhan pokok khususnya beras, gula, tepung terigu, dan minyak goreng cukup untuk memenuhi kebutuhan Puasa dan Lebaran 2017. Hal ini didukung data prognosa Kementerian Pertanian.


Sumber : Republika.co.id.

Previous
« Prev Post

Related Posts

Kamis, Mei 25, 2017

0 komentar: