Loading...

Menteri ATR Janji Tuntaskan Masalah Petani Telukjambe dan Pertiwi Lestari

TERBITKAN PELITA KARAWANG on Rabu, Mei 10, 2017


KARAWANG, PEKA. - Perjuangan Petani Telukjambe korban penggusuran lahan oleh PT Pertiwi Lestari akhirnya membuahkan hasil. Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengutus Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional, Dr Sofyan Djalil datang ke Karawang untuk menyelesaikan kasus yang menyita publik ini, Rabu (10/5).

Ilustrasi Pertanian Karawang
Dalam kunjungannya ke Karawang itu, Sofyan Djalil menggelar rapat terbatas dengan unsur pemerintah daerah dan pihak PT Pertiwi Lestari untuk mencarikan solusi agar para petani yang saat ini mengungsi di Rumah Dinas Bupati (RDB) mendapatkan tempat tinggal.

"Penyelesainnya adalah kita akan meresetel mereka dengan mendapatkan tempat pemukiman. Kemudian pemerintah melalui Kemensos akan membuat rumah pemondokan," ujar Sofyan Djalil, kepada wartawan, usai mengunjungi tempat pengungsian.

Djalil mengatakan, dirinya mendapatkan tugas dari Presiden Jokowi agar menuntaskan permasalahan ini. Sebanyak 96 Kepala Keluarga (KK) yang saat ini mengungsi, kata dia, akan dibantu diberikan lahan dan dibuatkan rumah oleh pemerintah.

"Yang penting bisa menampung mereka di tempat tinggal yang sah. Pemerntah punya itikad yang baik," ungkapnya.

Selain itu, pemerintah menurut dia juga sudah mendapatkan sejumlah konsesi agar petani ditempatkan di lahan yang sudah disiapkan. 

Selain lahan tempat tinggal, petani juga akan diberikan lahan untuk bertani. Lahan ini, kata Djalil nantinya bisa diluar pagar atau pagar digeser kedalam (lahan yang saat ini dipagar oleh Pertiwi Lestari).

"Kita bekerjasama dengan Perhutani dan Kehutanan," tandasnya.

Saat berkunjung ke tempat pengungsian, Sofyan Djalil ditemani oleh Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana, dan Wakil Bupati Ahmad Zamakhsyari (Jimmy). Menteri sempat berdialog dengan para pengungsi dan memberikan sambutan bahwa pemerintah berjanji akan membantu permasalahan ini hingga tuntas. 

Sumber : Rmoljabar

Previous
« Prev Post

Related Posts

Rabu, Mei 10, 2017