Organisasi Alumni IPB Gelar Rakercab

0
KARAWANG, PEKA. - Dewan Pengurus Cabang Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor ( DPC HA IPB) Karawang, gelar Rapat Kerja Cabang (Rakercab) perdana Kamis 11/6. 

Dewan Pengurus Cabang HImpunan Alumni IPB
Disamping membahas program kerja tahunan,  kegiatan yang digelar diaula rapat Dinas Kelautan dan Perikanan Karawang tersebut, juga menjadi momen persiapan pelaksanaan Musyawarah Daerah (Musda) DPC HA IPB pada 13 Mei mendatang di Bandung.
Ketua Umum DPC HA IPB Karawang  Mahdan S.Pi MS.c mengatakan, para alumni IPB di Karawang sudah terbentuk komunitasnya sebulan terakhir, dengan beranggotakan sementara 90 orang alumni IPB asal Karawang, Pengurus HA IPB 2017 - 2021 sudah di kukuhkan serentak oleh Gubernur Jawa Barat baru-baru ini. Karenanya, agenda Rakercab perdana ini digelar dan akan menjadi program rutin para pengurus inti HA IPB, karena dalam kegiatan ini dibahas rencana kerja dan program yang dirumuskan bersama alumni dan pengurus, sebagaimana yang diamanahkan dalam AD/ART HA IPB. 

Pihaknya sambung Mahdan, berharap akan ada penataan profesi para alumni IPB Karawang ini dimasa-masa mendatang, sehingga rencana kerja, program dan agenda HA IPB Karawang semakin terarah, sebab, misi utama terbentuknya wadah bagi para alumni IPB ini adalah menjadikan para alumni di jawa Barat, khususnya Karawang lebih bersinergi dan berkontribusi.

"Ini Rakercab Pertama HA IPB, selain bahas program dan rencana kerja, juga menjadi wadah komunikasi intensif untuk masa 2017 - 2021 ini," ujarnya.

Mahdan menambahkan, dalam Rakercab ini juga, pihak DPC ancang-ancang untuk persiapan keikutsertaan dalam Musyawarah Daerah (Musda) Provinsi Jawa barat di Bandung pada 13 Mei mendatang. Tentu saja, walaupun baru di bentuk, Karawang harus ikut berpartisipasi bukan saja di forum, tetapi juga dalam kegiatan bazar yang digelar, setidaknya, Karawang harus mempersiapkan produk-produk unggulannya baik dibidang pertanian, perikanan, peternakan, perkebunan maupun kelautan, berikut hasil olahannya untuk dipamerkan dalam bazar tersebut.

"Selain membahas agenda kerja DPD HA Jawa barat, Musda nanti juga mengagendakan Pemilihan Ketua DPD HA IPB yang baru, Karawang sendiri sudah mengantongi nama Balon Ketum untuk direkomendasikan dalam pagelaran Musda tersebut." Ungkapnya.
Ketua Dewan Pertimbangan DPC HA IPB Karawang, Ir Nandang Hanafi mengatakan, pihaknya menaruh harapan besar dari hasil Rakercab ini setiap program dan rencana kerja tahunan yang akan dilaksanakan, bisa lebih bekelanjutan dan bisa terealisasi manfaatnya. Jangan jadikan saran Nandang, persoalan anggaran dan keuangan di internal menjadi beban yang membuat tidak fokusnya pada garapan kerja tahunan nantinya. Karena, bagaimanapun dirinya sebagai Dewan Pertimbangan memberikan saran dan masukan, agar pengurus bisa tetap fokus pada program yang dituangkan dari hasil Rakercab pertama ini. Sekarang sambung Nandang, alumni IPB yang terdata masih dikisaran 90 orang lintas profesi, baik birokrat, pengusaha, politisi dan di swasta. Kedepan harapnya, dicarikan formulasi untuk menjaring para alumni dari Karawang untuk ikut serta gabung di HA IPB ini, sebab, ada sekitar ratusan alumni yang masih belum bergabung dan didata HA IPB Karawang ini.

"Saya berharap, hasil dari rakercab ini bisa berjalan baik dan terealisasi program-programnnya," Ungkapnya.
Dewan Pakar DPC HA IPB Karawang, Ir Sari Nurmiasih M.si  mengatakan, bukan saja di Rakercab, ajang silaturahmi antar alumni IPB ini diharapkan bisa semakin di tingkatkan, utamanya untuk pengembangan perluasan ilmu-ilmunya, bisa melalui Workhsop, seminar, penelitian dan lainnya. Mungkin ini bisa dijadikan program, sehingga para alumni ini bisa lebih berkontribusi besar bagi daerahnya di Karawang. Sebab, potensi Karawang bukan saja disektor pertanian dengan beras dan varietasnya saja, tetapi juga produk olahan-olahannya, semuanya sebut Sari bisa dikembangkan ketika semua alumni IPB ini sejalan dengan moto HA IPB ini, yaitu "Bersama, Sinergi dan Peduli,".

"Banyak yang bisa kita kembangkan di Karawang, ini bisa dijadikan program yang berkelanjutan agar bisa mengabdikan ilmu untuk Karawang," Pungkas Sekretaris Dinas Perikanan Karawang ini.#Rs-fr.
Posting Komentar