Pengumpulan Zakat Fitri Mulai di Rancang UPZ

0

KARAWANG, PEKA. - Meskipun Ramadhan masih H-1, namun Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kecamatan Lemahabang, mulai sosialisasi persiapan pengumpulan kewajiban zakat fitrah kepada UPZ - UPZ tingkat desa di sekretariat bersama di Madrasah Tsanawiyah (Mts) An - nur Rabu 24/6 kemarin.

Foto Pengumpulan Zakat Fitrah di Rancang UPZ
Ketua UPZ Kecamatan Lemahabang, H Dedeng huzaeni mengatakan,  sosialisasi zakat fitrah dilakukan lebih awal, sejauh ini memang belum turun dari Kabupaten yang biasa baru diterima ditanggal 20 Ramadhan, tapi bukan ada maksud mendahului, ini dasarnya agar tidak kepepet waktu saat pelaksanaannya nanti, karena selain harus melakukan pengumpulan dan pendataan muzakki dan distribusinya kepada mustahiq, juga akan direpotkan dengan beragam agenda dimasing-masing UPZ. Sehingga, ia sampaikan  kepada semua UPZ ini sebelum ramadan. 

"Kita lebih diawalkan walau tidak ada edaran, ini agar tidak kepepet waktu pas jelang pelaksanaannya nanti," ungkapnya.

Dedeng menambahkan, kewajiban Zakat Fitrah tetap sama yaitu 3,5 liter beras, dan kalau diuangkan masih akan menyesuaikan dulu dengan harga beras saat ini, tapi tidak akan jauh dari harga Rp 30 ribu, karenanya dalam sosialisasi ini, ia sampaikan agar setiap UPZ desa mendata kembali tempat/petugas pengumpulan dan penyalur zakat yang ada di desanya masing-masing. Karenanya, dirinya berikan buku pedoman teknis pengumpulan zakat dan disk tahun kemarin untuk dipelajari semua petugas UPZ desa, sebab diakui Dedeng, jumlah persentase zakat menurun setiap tahunnya, selain faktor muzakkinya yang masih banyak langsung menyalurkannya ke mustahiq, juga minimnya sosialisasi. Padahal, jika bisa dikelola dengan benar, persentase target zakat Maal di Lemahabang saja bisa mencapai Rp 5 Milyar pertahun, itu dihitung berdasarkan luas lahan pertanian yang ada dengan kewajiban zakat 2,5 persen, namun sayangnya dalam setahun hanya masuk melalui UPZ kurang dari Rp 10 juta lebih. Untuk itu, setidaknya di zakat fitrah ini, diharapkannya bisa berjalan baik sesuai target, dan laporan-laporannya juga rapi tersusun untuk kemudian diteruskan kepada UPZ tingkat Kabupaten.

"Potensi Zakat perkecamatan saja milyaran, sayangnya memang banyak hal yang membuat persentasi setiap tahun justru menurun," ungkapnya.#rs-fr.
Posting Komentar