PILGUB, Ajuan Ban Gub Lewat Juni Hangus

0

Karawang, PEKA - Bagi Desa-desa yang sering menikmati dana Kinerja Rp 15 juta dan Bantuan gubernur (Bangub) Rp 100 juta setiap tahun, siap-siap gigit jari. Pasalnya, memasuki momen Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2018 yang tahapannya dimulai Agustus tahun ini, Bantuan tersebut diberi limit waktu ajuannya sampai Juni bulan depan. Jika tidak cepat-cepat terselesaikan, BanGub 2017 bagi Desa-desa yang terlambat terancam dicoret dan hangus, termasuk luncuran tahap 2 yang sempat tertunda ditahun sebelumnya sebesar Rp 50 juta.

Ilustrasi
Itu dikatakan Kasie Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Kecamatan Tempuran, Junaedi kepada PEKA, Jumat 5/5 kemarin. BanGub 2017 diwanti-wanti pihak Kecamatan agar desa-desa bisa segera masuk berkas ajuannya sebelum lewat Juni. Pasalnya, Pemprov dikabarkan sudah memberi ultimatum limit waktu sampai akhir Juni, jika terlambat, baik hak Kinerja untuk perangkat Rp 15 juta dan Fisik Rp 100 juta dari Pemprov bakal di coret bagi desa-desa yang telat. Musababnya, sebut Junaedi, tahapan Pilkada Jawa Barat mulai di awal Agustus, sehingga ada kekhawatiran pencairan dianggap politisasi, makannya wajar jika Pemprov mendorong untuk disegerakan, agar Pencairan bisa dinikmati dibulan Juli." Pemprov beri limit waktu sampai Juni karena alasan Pilkada, jika ajuan belum juga masuk, akan di coret dan hangus tidak diserap," Ujarnya.

Junaedi menambahkan, bukan saja fisik yang Rp 100 juta, tetapi juga bantuan kinerja perangkat desa yang Rp 15 juta, sebab kedua bantuan itu ajuan dan paketnya sama. Bahkan, jika limit waktu itu dilewat, luncuran sisa bangub tahap 2 yang belum cair setengahnya Rp 50 juta ditahun 2016, juga akan sama-sama hangus. Sehingga, yang menikmati hanya dessa-desa yang ajuannya sudah masuk dibatas bulan Juni saja. Untuk itu, ia berharap, Para kepala Desa agar segera merapihkan ajuan Bangub dan menyelesaikannya sebelum Juni, jika tidak ingin bantuan rutin setiap tahun dimasa Pemerintahan Ahmad Heryawan (Aher) itu hangus. Dari 14 Desa di tempuran misalnya hanya 7 saja yang masuk sebelum Juli, maka yang 7 Desa lagi ini terancam tidak bisa cair," Luncuran sisa yang tahun kemarin juga bisa hangus dicairkan ditahun ini jika ajuan sama-sama lewat Limit Juni ini," Ujarnya.#sr-nv.
Posting Komentar