Iklan
Loading...

Pilkada 2018 akan Gunakan Delapan Aturan Teknis

TERBITKAN PELITA KARAWANG on Minggu, Mei 28

JAKARTA ,PEKA .-  Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Ilham Saputra, mengatakan, pihaknya saat ini sedang menyelesaikan sejumlah peraturan KPU (PKPU) untuk pelaksanaan Pilkada Serentak 2018. Rencananya, ada delapan PKPU yang akan digunakan untuk pedoman aturan teknis pilkada tahun depan. 
Pilkada 2018

Kedelapan PKPU tersebut adalah aturan mengenai pemutakhiran data pemilih, kampanye, dana kampanye, logistik, pemungutan dan penghitungan suara, rekapitulasi penghitungan suara dan penetapan pasangan calon (paslon) terpilih. "Kami sedang kebut penyelesaian perbaikan beberapa PKPU. Sebagian besar sudah selesai. Hanya tinggal peraturan pungut hitung yang harus segera diselesaikan," ujar Ilham, Ahad (28/5). 

Setelah delapan PKPU selesai, KPU akan menggelar uji publik terhadap aturan tersebut. Rencananya, pelaksanaan uji publik dijadwalkan pada 30-31 Mei. 

Selanjutnya, KPU akan mulai memaparkan tahapan pelaksanaan Pilkada Serentak 2018 pada 14 Juni. Menurut Ilham, tahapan pelaksanaan pilkada akan dimulai pada September 2017. "Dengan demikian sebelum 14 Juni semua PKPU diharapkan sudah selesai dan final sehingga tidak mengganggu tahapan," tambahnya. 

Seperti diketahui, pemungutan suara Pilkada Serentak 2018 digelar pada 27 Juni. Pilkada diikuti tahun depan diikuti oleh 171 daerah yang terdiri dari 17 provinsi, 39 kota, dan 115 kabupaten.#Rol

Previous
« Prev Post

Related Posts

Minggu, Mei 28, 2017

0 komentar: