Iklan
Loading...

Rumah Kreasi Taza Sediakan Batik Khas Karawang

TERBITKAN PELITA KARAWANG on Senin, Mei 29

KARAWANG, PEKA. – Rumah Kreasi Taza atau Bale Batik Taza, yang beralamat di Kaum I Jalan KH Ahmad Dahlan No.20 Alun-alun Karawang, menyediakan batik khas Karawang.
Batik Khas Karawang

Batik ini berbeda dengan batik yang lain. Pasalnya bale batik taza menyediakan motif dan corak batik khusus khas Karawang saja. Dimana motif yang ditonjolkan adalah tentang nuansa alam yang ada di Karawang.

Misalnya  saja motif pare sagedeng,  Leuit, Curug Cigentis, Citarum dan banyak motif lainnya yang indah dikenakan.

Hj Istiqomah, pemilik kerajinan batik khas Karawang menjelaskan, nama batik sudah ada sejak dulu. Namun itu dikenal adalah wilayah Pekalongan, Jawa Tengah.

Oleh karena itu,  Hj Istiqomah berinisiatif menciptakan batik khas Karawang. Pasalnya belum ada yang menangkat batik Karawang. Dengan alat sederhana dan modal secukupnya, perempuan ini mulai merintis usahanya tersebut membatik dengan corak nuansa alam Karawang.

“Sekarang nama Batik Karawang sudah cukup dikenal di masyarakat. Alhamdulillah, nama Karawang sendiri jadi ke angkat,” katanya.

Menurutnya, proses membatik masih manul dengan alat tradisional. Kata dia, sudah banyak motif batik baru yang di padukan dengan kearifan lokal Karawang di antaranya motif panen raya, motif citarum, motif cigentis, cere bulu dan motif pare sagedeng.

“Ada sekitar 16 motif batik khas Karawang. Sedangkan harga yang di tawarkan kisaran harga dari Rp 120.000,-/lembar sampai Rp 250.000,-/lembar. Harga tergantung motif batik, macam kain dan banyaknya warna,” katanya.

Ia menjelaskan, pemasarannya sendiri saat ini baru dari mulut ke mulut -kepuasan pelanggan dan pameran-pameran yang diadakan oleh dinas-dinas terkait di Karawang. Ada juga pesanan motif khusus yang biasanya di pakai untuk seragam dinas-dinas atau perusahaan tertentu.

“Jika anda tertarik untuk memakai motif Batik Karawang atau berkeinginan membuat serragam dari batik silahkan langsung saja datang ke toko di Alun-alun Karawang,” pungkasnya.#oca

Previous
« Prev Post

Related Posts

Senin, Mei 29, 2017

0 komentar: