UKK Terakhir SMAN 1 Tempuran Mau Pakai Komputer - PELITA KARAWANG

Breaking

Post Top Ad

pasang

Rabu, 31 Mei 2017

UKK Terakhir SMAN 1 Tempuran Mau Pakai Komputer

KARAWANG - PEKA - Dunia Teknologi nampaknya menjadi trend di lingkungan pendidikan, pasalnya, selain Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), ada pula SMK yang sudah menerapkan Ujian berbasis Android. Hal itu juga siap dilakukan SMAN 1 Tempuran diakhir Ujian Kompetensi Kelas (UKK) pada 6 Juni mendatang. Dengan mengujikan khusus mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan sistem Komputer.
Wakasek Kurikulum SMAN 1 Tempuran, Melvi Andayani S.Pd mengatakan, mulai Senin 29/6 ini, sebanyak 710 siswa langsung mengikuti UKK seminggu kedepan. Jadwal dari Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) memang diplot dari tanggal 29 Mei sampai dengan 5 Juni untuk 16 Mata pelajaran. Namun, di SMA Tempuran ini ditambah 5 -6 Juni, karena selain UKK dengan manual paper, juga diakhir UKK untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia khusus, para siswa akan mengisinya langsung di Komputer lazimnya UNBK pada kelas XII kemarin. 

Guru Bahasa Indonesia, sebut Melvi membuat soal dan langsung di input melalui sistem aplikasi. Sejauh ini, meskipun UKK ini diperuntukan bagi kelas X dan XI, tapi semua siswanya sudah faham, karena sudah di simulasi sejak tanggal 14 - 16 Mei.

"UKK ini 16 Mata pelajaran, sehari 3. Nah di akhir khusus pelajaran Bahasa Indonesia kita mau UKK berbasis komputer," Ungkapnya.
Lebih jauh Melvi menambahkan, dengan menggunakan sistem komputer ini, efiseinsi biaya bisa mencapai Rp 500 ribuan per mata pelajaran, disamping waktu yang fleksibel. Sebab, sekali klik jawaban dalam Pilihan Ganda dari 50 soal, baik siswa maupun gurunya sudah bisa melihat skor masing-masingnya. Karenanya, uji coba saat ini diharapkan bisa berkelanjutan ditahun depan untuk semua mata pelajaran, tinggal sambung Melvi, para guru-gurunya disimulasi juga semuanya untuk pengisian soal melalui sistem teknologi ini. Oleh karena itu, saat ini hanya diberlakukan di 1 Mata Pelajaran alasannya, karena masih keterbatsan sarana komputer paska UNBK dan fasilitas lainnya. 

"Dengan begini bisa lebih hemat, guru dan siswa juga semakin melek Teknologi," Pungkasnya.
Wakasek Kesiswaan SMAN 1 Tempuran, Syahrudin S.Pd mengatakan, saat ini di uji coba cukup satu mata pelajaran saja. Dirinya yang menginput dalam aplikasi, para siswa tinggal membuka memasukan format nama dan nomor peserta. Kemudian mengisinya dalam durasi yang nampak dimonitor, bahkan tanpa menunggu semua hasil, ketika mengklik jawaban opsi pilihan ganda yang acak, siswa bisa langsung melihat skornya.

"Ini baru saya yang oprasikan input soal di aplikasi, mungkin kedepan semua guru bisa disimulasikan." Pungkasnya.#rs-fr.
Posting Komentar