UN SMP Paceklik, BOS, PMMS dan Sertifikasi Belum Nonghol - PELITA KARAWANG

Breaking

Post Top Ad

Kamis, 04 Mei 2017

UN SMP Paceklik, BOS, PMMS dan Sertifikasi Belum Nonghol


Karawang, PEKA - Musim paceklik benar-benar dirasakan sekolah, bahkan ditengah Ujian Nasional (UN) SMP yang saat ini terselenggara, pihak sekolah sudah berulangkali nyapir mencari pinjaman untuk dana talangan sejumlah program sekolah, bukan tanpa alasan, baik Biaya Operasional Sekolah (BOS), PMMS hingga sertifikasi tak satupun ada yang cair, bahkan, honor transport pengawas silang UN SMP juga terancam dihutang.

Bangunan SMPN 1 Tempuran
Guru SMPN 1 Tempuran, Rohman Nafianta S.pd mengatakan, entah apa yang menjadi kendala, sampai saat ini di Karawang, BOS tak kunjung turun, sementara sejumlah kegiatan sekolah mulai olimpiade, Ujian Sekolah (US), Try Out hingga saat ini UN semuanya masih menggunakan dana pinjaman untuk menalanginya. Tidak cukup sampai BOS, PMMS dari Pemkab sejauh ini juga belum jelas kapan turun. Bahkan, sertifikasi yang sudah turun dibeberapa Kabupaten/Kota lain, seperti Subang misalnya, di Karawang justru baru mulai pemberkasan. Dirinya sarankan, kiranya Komisi D DPRD Karawang mendorong Pemkab, untuk segera bisa mencari formulasi pencairan secepatnya. Terlebih, transport Pengawas UN yang saat ini silang antar SMP, juga terancam belum bisa diberikan jika Bos tak kunjung turun." Banyak kegiatan kita nyapir pinjaman, sebab dana BOS, PMMS bahkan sertifikasi macet semua, entah apa kendalanya." Ujarnya.

Kepala SMPN 1 Tempuran, Dudy Heryanto mengatakan, para pengawas UN di SMP Tempuran ini silang dari Guru-Guru SMPN 1 Lemahabang, UN selesai dihari senin lusa, dirinya belum menjamin transport para pengawas terbayarkan dihari terakhir, karena sejauh ini masih belum ada sumber pendanaan yang turun. Mungkin sebut Dudy, dihutang dulu sampai dengan BOS benar-benar dipastikan cair. 

Sebab, penyelenggaraan UN ini dibiayai oleh negara, jika sertifikasi belum cair itu lebih bersifat pribadi para guru, tetapi kalau urusan BOS ini lebih ada kepentingan program dan kegiatan sekolah. Dirinya tidak tahu, alasan belum dicairkannya dana BOS hingga saat ini, sementara sejumlah kegiatan sudah sangat berjubel. Tapi, konon kabarnya, hari ini ada MoU kaitan kegiatan dan program BOS antara Kepsek dengan Dinas, benar dan tidaknya belum tahu. Tapi semoga, untuk operasional ini bisa ada segera realisasinya." Kalau Bos belum juga cair pengawas UN ya dihutang dulu, modalnya Sabar, Jujur dan Tawakal (Sajuta)." Celetuknya.#sr-nv.
Posting Komentar