Asyik, DBH Tahap Dua Cair Sebelum Lebaran

0

Karawang, PEKA. - Bagi desa-desa yang selesai mengajukan Dana Bagi Hasil (DBH) tahap 2 tahun 2016 sebelum Senin 12 Juni kemarin tanpa kesalahan, siap-siap dana hasil Pajak dan retrtibusi daerah tersebut bakal mengguyur sebelum Idul Fitri tiba. Namun, sebaliknya, DBH belum akan diproses pencairannya, jika ajuan tahap 2 tersebut masih belum masuk per 12 Juni kemarin.

Kabid Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Karawang, Budiman Ahmad mengatakan, selain Alokasi Dana Desa (ADD) yang mulai dikejar laporan dan pencairannya di pelayanan DPMD, sisa DBH tahap 2 tahun 2016, diyakinkannya siap cair sebelum Idul Fitri, karena duit sudah ada di DPPKAD. Itupun hanya siap diproses, bagi desa-desa yang mengajukan proposal dan Surat Pertanggungjawaban (SPJ) tahun 2016 tahap 1 kemarin selesai per 12 Juni. Jika lewati tanggal itu, sambung Budiman, DPMD tetap akan menerima ajuannya, tapi tidak akan menjamin pencairan sebelum lebaran, sebab memungkinkan turun setelah Idul Fitri. Sebab, diberikannya limit waktu ajuan 12 Juni kemarin, proses verifikasi dan cheking di internal DPMD juga butuh waktu yang tidak sebentar, apalagi per 12 Juni yang mengajukan saja, beberapa diantaranya masih ada format proposal dan ajuannya yang salah dan harus dibuat ulang." Insya Allah, kalau ajuannya gak lewat 12 Juni kemarin tanpa kesalahan, sebelum Idul fitri juga sudah cair," Katanya.

Budiman menambahkan, diberikannya limit waktu itun kiranya sebut Budiman, pemerintah desa sudah bisa cepat dan segera melaporkannya. Karena, DBH tahap 1 tahun 2017 akan kembali dimulai pembahasannya Sekitar September - Oktober, karena menghimpun dana dari pajak dan retribusi itu biasanya dibulan-bulan itu pembahasannya, kemudian di cairkan mendekati akhir -akhir tahun. DPMD hanya sebagai instansi teknis, karena soal perhitungan, besaran dan nominal setiap tahunnya adalah dari DPPKAD." Ada kenaikan atau tidak pada DBH tahun 2017, itu DPPKAD yang hapal," ungkapnya.#rsg
Posting Komentar