Loading...

DKP & Bulog Gelar Pasa Murah Keliling

TERBITKAN PELITA KARAWANG on Jumat, Juni 09, 2017

KARAWANG, PEKA. - Dinas Ketahanan Pangan (DKP) bersama Badan Urusan Logistik (Bulog) Sub Drive Karawang menggelar pasar murah di beberapa titik, untuk menjaga kestabilan harga pangan selama bulan Ramadan.


"Kita setiap kegiatan tarawih keliling (tarling) sengaja adakan pasar murah, untuk nemenuhi kebutuhan masyarakat. Klari, Purwasari, Polres, dan Komplek Pemkab sudah," ujar Kepala DKP Karawang, Kadarisman kepada wartawan, Jumat (9/6).

Menurutnya, DKP hanya bertugas menjaga stabilitas harga pangan di pasaran. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang melalui Tim Terpadu Pengawas Pangan (T2P2) juga terus melakukan pemantauan.

"Jangan sampai harga terlalu tinggi, hingga masyarakat tidak bisa membeli. Kalau untuk stok pangannya, Bulog yang urus," kata Kadarisman yang juga menjabat Sekretaris T2P2 Karawang.

Sejuh ini, hasil pengamatan yang dilakukan pihaknya di sejumlah pasar tradisional di Karawang, harga-harga masih stabil. "Kemarin kita cek pasar, harga masih aman. Kalaupun ada kenaikan, itu masih wajar," katanya.

Sementara itu, T2P2 yang terdiri dari berbagai instansi seperti DKP, Bulog, Dinas Kesehatan (Dinkes), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Polres Karawang, belum lama ini menggelar inspeksi mendadak (Sidak) ke gudang sembako PT Sinar Padang Sejahtera, di Jalan Lingkar Luar Karawang (Tanjungpura-Klari).

Dari hasil sidak tersebut, tim tidak menemukan adanya penimbunan dan penyimpanin bahan sembako masih dalam taraf kewajaran. "Kami sidak ke gudang sembako dan barang-barang seperti kacang dan bawang merah berasal dari Cina. Sementara beras dan kemiri berasal dari dalam negeri," kata anggota T2P2 dari Polres Karawang, Iptu Arief Bustomi.

Ia mengatakan, pihaknya akan terus menggelar sidak ke berbagai lokasi. "Hasil pantauan di pasar-pasar nanti akan kami padukan. Apakah ada perbedaan harga kebutuhan pokok atau sama," katanya.

Disampaikan Arief, pihaknya juga akan lebih intens memantau persediaan bahan pokok dan harga di sejumlah pasar, terutama jelang hari raya Idul Fitri. "Kita akan pantau terus, supaya apabila ada lonjakan ataupun kelangkaan bahan pokok, segera diketahui dan cepat ditangani," pungkasnya.#oca

Previous
« Prev Post

Related Posts

Jumat, Juni 09, 2017