Engkos Kosim, Kepala SMK Berprestasi Karawang 2017 - PELITA KARAWANG

Breaking

Post Top Ad

pasang

Jumat, 02 Juni 2017

Engkos Kosim, Kepala SMK Berprestasi Karawang 2017

KARAWANG - PEKA - Setelah terpilih sebagai Kepala SMK berprestasi tingkat Kabupaten tahun 2017 ini, Engkos Kosim M.Si, Kepala SMK Iptek Cilamaya menjadi wakil Karawang dalam kompetisi Kepala SMK Berprestasi tingkat Provinsi Jawa Barat 1 - 4 Juni. Sukses menglola sekolah sehingga menjadikan SMK nya sebagai didikan favorit, kesempatan lomba tingkat Provinsi diyakinkanya untuk tidak disia-siakan.
Kepala Sekolah SMK Iptek Cilamaya Engkos Kosim, M.Si.
Kepada Radar Karawang, Kepala SMK Iptek Cilamaya, Engkos Kosim mengatakan, namanya bertengger dengan sejumlah juara lainnya di Karawang, yaitu guru berprestasi dan pustakawan tingkat Kabupaten. Kebetulan, untuk kategori Kepala SMK, dirinya yang dipercaya tim dan menjadi wakil di Karawang untuk kompetisi lomba ditingkat Jawa Barat pada 1 - 4 Juni ini. 

Kesempatam ini, tentu saja tidak ingin disia-siakannya. Sebab, selain membawa nama baik sekolah yang dikelolanya, juga menjadi simbol para Kepala SMK se Karawang yang akan berlomba antar Kabupaten/Kota lainnya. Untuk itu, konsultasi dan koordinasi dirinya dengan para pengawas SMK dan lainnya diharapkan menjadi modal kiranya Karawang bisa sejajar dengan Kepsek lainnya di Jawa barat, apalagi ditengah gerusan dunia otomotif, industri dan teknologi yang semakin berkembag di Karawang.

"Alhamdulillah saya yang dipercaya, semoga kesempatan ini tidak disia-siakannya," Ungkapnya.
Engkos menambahkan, dalam pemilihan kepala sekolah berprestasi tingkat provinsi Jawa Barat ini, dirinya memiliki keinginan kuat dapat menumbuhkembangkan profesionalitas kepsek dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Bahkan, tema yang diusungnya dalam lomba antar Kepsek berprestasi Jabar ini adalah strategi managemen. Alasannya, sebut Engkos, karena dengan manajemen strategi ini, dunia pendidikan akan tercipta dinamika kinerja masing-masing bagian yang memiliki tujuan yang sama. Karena itu, dipercayanya dirinya menjadi wakil Karawang ini, akan menjadi suatu refleksi untuk dapat menciptakan ekspektasi yang lebih tinggi lagi, baik dalam membangun maupun menciptakan pendidikan di SMK lebih bermakna sesuai dengan kemampuannya masing-masing.

"Kita usung tema Manajemen Strategi yang akan dipersentasikan dalam lomba," Ungkapnya.
Lebih jauh Kepsek yang tengah menempuh gelar doktoral ini menambahkan, Kenapa dirinya bisa menjadikan SMK IPTEK Cilamaya menjadi sekolah favorit untuk wilayah sekitarnya, pertanyaan ini acap kali muncul. Tapi, jawabannya fleksibel, sebab, dirinya ingin  selalu menciptakan iklim sekolah adalah "rumah kedua" bagi guru dan siswanya. Sehingga, mereka merasa nyaman dalam menjalani tugas dan kewajibannya masing-masing. Dan yang paling utamanya, sambung Engkos, sekolah harus dapat menjaga kepercayaan yang diamanahkan Yayasan dan orangtua siswa, lebih-lebih bisa melayan sebaik-baiknya apa yang menjadi kebutuhan siswa dan orangtua siswa.

"Sekolah harus selalu kita jadikan rumah kedua bagi guru dan siswa, agar mereka merasa nyaman dirumahnya," Ujarnya.
Dalam lomba ini sambungnya, dirinya tidak mematok dapat menjadi juara berapa, tapi berprestasi bisa menjadi wakil Karawang saja sudah membanggakan. Namun, lagi-lagi, dirinya ingin membuktikan baik kepada sekolah, para kepsek, guru dan Kabupaten, bahwa Kepala SMK di Karawang juga bisa spadan memiliki semangat menjadi sang Juara, baik dikompetensinya, akademiknya maupun strategi manajemennya.

"Kita ingin buktikan, semoga saja ada hasil yang baik untuk kita," Harapnya.#rs-fr.
Posting Komentar