Ini Sanksi Tegas jika Mobdin Pake Mudik

0
KARAWANG, PEKA. - Wakil Bupati Karawang, Jimmy Ahmad Zamaksyari mengancam akan memberikan sangsi tegas terhadap pejabat dilingkungan Pemkab Karawang yang terbukti menggunakan kendaraan dinas untuk mudik lebaran. Sanksi tegas akan dijatuhkan mulai dari pemotongan tunjangan hingga sanksi administratif lainnya. Bupati sudah membuat surat edaran terkait larangan penggunaan kendaraan dinas untuk mudik.
“Inikan sudah menjadi ketentuan mobil dinas tidak boleh dipakai mudik jadi harus dipatuhi oleh ASN yang menggunakan mobil dinas. Kalau ada yang membandel silahkan saja tapi pastinya akan ada sanksi dari kita terhadap orang tersebut. Sanksinya itu bisa pemotongan tunjangan jabatan sampai sanksi administrasi lainnya cukup terbuka. Tapi saya mengimbau agar aturan itu dipatuhi dengan penuh kesadaran karena taat aturan,” kata Jimmy, Kamis (15/4).

Menurut Jimmy, ASN yang menduduki jabatan apapun mulai dari eselon IV hingga eselon dua merupakan pejabat negara yang memiliki kewajiban menjadi pengayom masyarakat. Sebagai pengayom masyarakat salah satunya adalah patuh menjalankan aturan yang ada. Kalau ada pejabat yang tidak patuh terhadap aturan harusnya malu terhadap masyarakat.
“Kalau tidak takut dengan sanksi paling tidak malu sama masyarakat. Mobil dinas yang dia pakai itu berasal dari uang rakyat jadi tidak boleh dipakai sembarangan kecuali untuk urusan kedinasan,” katanya.
Jimmy meminta masyarakat yang mengetahui pejabat di Kabupaten Karawang yang menggunakan mobil dinas untuk mudik bisa melaporkan ke Pemkab Karawang. Dia memastikan laporan masyarakat ini jika disertai dengan bukti akurat akan segera ditindaklanjuti hingga diberikan sanksi.
“Masyarakat juga harus memiliki kepedulian soal ini jika ada tetangganya yang ASN terus mobil dinasnya di pakai mudik laporkan saja.” katanya.
Menurut Jimmy dia tidak mengetahui jumlah persis kendaraan dinas roda empat dan roda dua yang digunakan ASN untuk kepentingan dinas. Namun Jimmy memastikan untuk mobil saja jumlahnya mencapai ratusan unit yang kebanyakan digunakan untuk pejabat dilevel eselon dua dan tiga.
“Jumlah detailnya saya belum tahu tapi itu mencapai ratusan mobil yang sekarang dipakai pejabat eselon dua dan tiga. Memang ada perbedaan jenis kendaraan untuk pejabat eselon dua dan tiga berdasarkan spesifikasinya saja,” tandasnya.#oca/fr
Posting Komentar