Loading...

Jangan Ajarkan Anak Pamer Baju Baru

TERBITKAN PELITA KARAWANG on Senin, Juni 26

Karawang-PEKA;. Cukup sering menemukan anak kecil yang pamer baju Lebaran. Satu diantaranya bisa jadi anak Anda. Meski pamer pada usia masih sangat kecil sangat wajar terjadi, ada sejumlah hal yang bisa Anda lakukan agar si kecil tidak mendapat kesan negatif dari perilakunya tersebut.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan memberikan nasihat pada anak untuk tidak pamer dan bersikap sombong. Ajarkan dia bahwa perilaku sombong adalah perbuatan yang kurang terpuji. Ada baiknya untuk selalu mengingatkan anak ketika mulai pamer pakaian barunya.

Namun, untuk memberinya pengertian jangan lewat perkataan saja. Justru anak akan lebih cepat meniru apa yang dilakukan orang tuanya. "Jika orangtua bersikap sederhana santun dan tidak sombong, anak pun akan meniru perilaku tersebut," ujar psikolog anak, Irma Agustiana SPsi, MPsi., pada kesempatan wawancara via email.

Beberapa waktu lalu, psikolog anak dan keluarga dari Tiga Generasi, Anna Surti Ariani MPsi., menuturkan bahwa anak usia sekolah dasar senang memuji dirinya sendiri. Artinya mereka sedang meyakinkan dirinya sendiri bahwa dia baik. "Jadi tahap perkembangan moral anak memang nggak langsung mereka bisa jadi dewasa gitu," terangnya.

Wanita yang akrab disapa Nina ini mengatakan, pada anak usia sekolah dasar, mereka melakukan sesuatu karena itu membuat senang orang tuanya. Atau, ia melakukan sesuatu karena itu bisa membuat teman-temannya mau bermain dengannya.

Tapi, jika orang tua khawatir itu akan membuat anaknya dicap sombong, Nina menyarankan orang tua mengajarkan anak untuk mengatakan jika dirinya baik ketika berada di rumah atau sedang bersama orangtuanya saja. Dengan begitu, ada pembatasan di mana dan kepada siapa saja anak bisa mengatakan kebaikannya.

#Sumber detik.com

posted from Bloggeroid

Previous
« Prev Post

Related Posts

Senin, Juni 26, 2017