Jelang Lebaran, Warga Gadaikan Barang Berharga - PELITA KARAWANG

Breaking

Post Top Ad

Selasa, 13 Juni 2017

Jelang Lebaran, Warga Gadaikan Barang Berharga

KARAWANG, PEKA. - Fenomena sosial di tengah masyarakat menjelang hari raya idul fitri, adalah banyaknya warga yang menggadaikan barang berharganya. Transaksi seperti ini kerap terjadi setiap tahun dan sudah menjadi kebiasaan. Selain itu, tingginya peningkatan transaksi di PT. Pegadaian menggambarkan bahwa masyarakat sudah semakin percaya kepada Pegadaian.

Customer Service Officer (CSO) Pegadaian, Muhar mengatakan, bahwa meningkatnya masyarakat yang melakukan transaksi di Pegadaian, dikarenakan faktor ekonomi di mana masyarakat tersebut membutuhkan dana tambahan untuk keperluan seperti menyambut puasa dan lebaran. Bahkan, ada pula yang hanya menitipkan barang berharganya seperti emas, elektronik dan kendaraan bermotor pada saat mudik lebaran. 


“Sebagai daerah urban tentu hal itu merupakan suatu hal yang lumrah ketika mudik lebaran tiba. Tentunya juga, bernilai positif karena masyarakat semakin percaya terhadap Pegadaian,” ujarnya .

Sementara, Anggota Komisi B DPRD Kabupaten Karawang, Natala Sumedha mengungkapkan, fenomena sosial yang terjadi menjelang lebaran tersebut menggambarkan, bahwa Masyarakat Karawang belum sejahtera karena masih membutuhkan dana tambahan untuk keperluan menyambut puasa dan lebaran. “Terlebih jika melihat kondisi keuangan dan dikaitkan dengan LKPJ Bupati, salah satunya ialah tentang biaya hidup di Kabupaten Karawang yang cukup tinggi sedangkan angka pengangguran cukup banyak,” jelasnya.


Natala menambahkan, maka harus ada terobosan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang untuk menyikapi problem tersebut. Padahal banyak peluang dalam upaya mensejahterakan masyarakat, seperti menjalankan perda-perda sudah ada yang memang tujuannya mengangkat ekonomi kerakyatan. Contohnya, UMK akan berkembang jika Sektor Pariwisata benar-benar didorong, kemudian pemberdayaan PKL, dan lain sebagainya.

“Sudah saatnya Pemerintah Daerah tidak berbicara mengenai pondasi, karena pondasi ini sudah dijalani oleh Teh Cellica pada periode lalu, tetapi sekarang sudah tinggal landasnya saja, tapi kapan mau tinggal landasnya kan Beliau (Bupati Cellica) yang menjadi pilot,” pungkasnya. #oca/fr
Posting Komentar