Iklan
Loading...

Kementan Jamin Ketersediaan Pangan Jelang Lebaran

TERBITKAN PELITA KARAWANG on Rabu, Juni 14


Karawang, PEKA. - Kementrian Pertanian (Kementan) Jamin ketersediaan pangan jelang hari raya Idul Fitri tahun ini. Sejumlah hasil pertanian yang banyak permintaan seperti bawang, beras dan lainnya, juga dijamin stabil harganya.

Hal itu dikatakan Kepala Pusat Karantina Kementrian Pertanian, Antario disela-sela kunjungannya di Desa Kalijaya Kecamatan Telagasari baru-baru ini. 

Menurutnya, masyarakat jangan khawatirkan stok pangan yang dihasilkan dalam negeri dijaminnya aman selama Ramadan dan jelang Idul Fitri seperti Bawang Merah, kecuali sebutnya memang hasil-hasil pangan impor seperti bawang putih. Karena, memproduksi bawang putih dalam negeri ini bukan perkara mudah, sehingga bibitnya juga harus diproduksi didalam negeri dulu, sebab tanamnya harus menyesuaikan di daratan tinggi dan suhu dingin yang ada di Indonesia lantaran berbeda dengan Negara lain, Kecuali sambung Antario, bawang merah, mungkin Karawang ini juga layak ditanami Bawang merah." Stok pangan selama Ramadan secara keseluruhan insya Allah aman, kecuali yang impor seperti bawang putih," Katanya.

Ia menambahkan, secara umum pangan aman, apalagi beras dan Padi. Karenanya, ia sepakat program percepatan tanam ini digelorakan, sebab Jawa Barat ini ketersediaan airnya cukup baik, tanahnya subur dan jaminan selama masa pertanaman juga dijamin. Ia menyebut seperti bantuan benih padi, asuransi pertanian, pupuk bersubsidi dan lainnya. Selain itu sambungnya, persoalan pangan ini diakuinya sangat sensitif, utamanya soal harga. Naik sedikit saja di kota, wabahnya ramai kemana-mana, sehingga bisa mempengaruhi stabilitas nasional. Namun, ia yakin Karawang ini kondusif, karena harga-harga pangan termasuk padi berada di ring 6 - 7 ton, semoga saja ini terus dipertahankan sebagai tempat gudang pangan Nasional." Memang persoalan Pangan ini sensitif, sedikit saja kenaikan dikota ramainya kemana-mana," Ujarnya.#rsg

Previous
« Prev Post

Related Posts

Rabu, Juni 14, 2017

0 komentar: