Kuota Jalur-Jalur Bina Lingkungan Harus Ditambah - PELITA KARAWANG

Breaking

Post Top Ad

Minggu, 04 Juni 2017

Kuota Jalur-Jalur Bina Lingkungan Harus Ditambah

KARAWANG - PEKA - Wakil Ketua Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Karawang, H Endang Sodikin meminta Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) setempat, melakukan penambahan kuota jumlah peserta didik baru pada jalur bina lingkungan dan jalur masyarakat kurang mampu dalam proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online tahun ini. Hal itu disampaikan Wakil Ketua Komisi D DPRD Karawang H. Endang Sodikin. 
 
Ilustrasi
"Penambahan kuota jalur tersebut dimaksudkan agar peserta didik yang berasal dari daerah sekitar sekolah bisa lebih banyak tertampung lewat jalur bina lingkungan. Sedangkan jalur masyarakat tidak mampu jelas tujuanya agar tidak ada siswa yang putus sekolah," ungkap Endang.
 
Endang menjelaskan, PPDB Online itu adalah kewajiban pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat bidang pendidikan. Ini berdasarkan diberlakukannya Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah pasal 15 ayat 1 dan 2 bahwa kewenangan menejemen pendidikan sesuai amanat desentralisasi untuk pendidikan menengah oleh provinsi.
 
"Maka dengan demikian kami menunggu undangan Disdikpora untuk rapat koordinasi bersama DPRD Kabupaten Karawang dan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. Apakah nantinya Khusus Dikmen akan dibuka tersendiri terpisah dengan Dikdas (SD dan SMP) atau akan di integrasikan seperti tahun sebelumnya kami komisi D masih menunggu itu," jelasnya.

"Kami komisi D siap mengawal perbaikan pelayanan masyarakat khususnya mengenai PPDB Online dikdas tahun 2017," tambah Endang.
 
Sementara itu diketahui aturan baru terkait pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA/SMK sejak diambil alih oleh pihak provinsi Jawa Barat (Jabar) tahun ini sudah dibuat dalam bentuk peraturan gubernur (Pergub). Salah satu aturan di pergub tersebut menyebutkan, tiap sekolah dibatasi jumlah rombongan belajar tiap kelas sebanyak 36 siswa.#oca-fr.
Posting Komentar