Masjid Agung - PELITA KARAWANG

Breaking

Post Top Ad

pasang

Rabu, 07 Juni 2017

Masjid Agung

KARAWANG - PEKA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang, akan melakukan renovasi pada mesjid Agung Karawang. Pasalnya, mesjid tertua yang berlokasi di alun-alun itu rencananya akan dikembalikan kembali ke bentuk asalnya saat dibangun oleh Syeh Quro.

Masjid Agung Karawang (Ilustrasi)
Ketua DKM Mesjid Agung Karawang, Acep Jamhuri mengatakan, tidak ada halangan pembangunan masjid ini akan segera di lakukan setelah proses lelang selesai.

"Ya, Insya Allah ya, tahun ini, saat ini kita baru masuk ke tahapan proses lelang," ujarnya.

Dikatakan, pihaknya bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang juga berniat akan membangun pondok pesantren Syech Quro dan sebuah Museum Karawang yang letaknya akan menjadi satu di areal sekitaran Masjid Agung Karawang.

"Kita rencananya nanti untuk pesantren dan museum akan kita bangun di bekas kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata yang akan dipindahkan ke jalan Kertabumi," ungkapnya.

Dijelaskan, pembangunan rehabilitasi Masjid Agung sendiri akan dimulai tahun 2017 ini dan diharapkan selesai di tahun 2018 dengan dilanjutkan pembangunan rehab alun-alun kota, dimana nantinya para pedagang yang berjualan disekitaran alun-alun akan disediakan tempat khusus untuk kuliner dan ditata dengan rapi.

Ia menambahkan, untuk parkiran sendiri, akan dibuatkan areal parkir bawah tanah atau basement, sehingga nanti alun-alun kota dan masjid Agung akan terlihat cantik dan tertata.

"Rencananya ponpes serta museum akan kita bangun di tahun 2019 setelah pembangunan masjid dan alun-alun selesai," jelasnya.

Acep berharap cita-cita dari pemerintah daerah Kabupaten Karawang ini akan dapat terealisasi sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Bupati dan Wakil Bupati Karawang terpilih dari segi peningkatan infrastruktur dan pariwisata dapat terwujud.

Sebab, menurutnya, Masjid Agung Syech Quro Karawang ini merupakan salah satu destinasi wisata yang paling menarik dikunjungi oleh para pendatang dari luar Karawang. Terlebih dengan pembangunan Masjid yang artistik dengan ponpes disekitarnya dan museum yang didalamnya menyimpan banyak nilai-nilai sejarah Kabupaten Karawang baik secara perjuangan maupun Islami akan semakin menjadi daya tarik tersendiri bagi Kabupaten Karawang dimata para wisatawan.

"Dan tentu saja dapat meningkatkan PAD Kabupaten Karawang dari segi patiwisata terlebih mereka itu banyak juga yang datang dari luar pulau jawa," tuturnya.#oca-fr.
Posting Komentar