PMI Jamin Ketersediaan Kantung Darah Selama Mudik

0
KARAWANG, PEKA - Meskipun terjadi trend penurunan kebutuhan,  Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Karawang, jamin ketersediaan stok darah selama musim mudik Ramadan bagi yang membutuhkan di beberapa titik posko yang didirikan PMI Karawang.
Ilustrasi
dr Yesi Karya Lianti MARs, Kepala Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Karawang mengatakan, jauh-jauh hari sebelumnya, PMI sudah antisipasi stok persediaan darah. Memang, ramadan ini trend kebutuhannya mengalami penirunan, tapi ia tegaskan masyarakat pemudik dan lainnya, tidak perlu khawatir untuk stok persiapan selama mudik berlangsung, karena PMI sudah siap akan hal itu. 

Disinggung berapa unit kantong darah yang disediakan PMI untuk antisipasi korban kecelakaan saat mudik, Yesi mengaku, kalau untuk kecelakaan pihaknya belum bisa menghitung-hitung berapa kantung yang akan dihabiskan, karena ini merupakan kejadian insidential, hanya saja yang pasti, setiap bulannya stok di Karawang itu ada sekirtar 2.500 kantong, dan di Ramadan ini memang ada penurunan jumlah kebutuhan, artinya darah yang sudah ada untuk mengantisipasi kecelakaan saat mudik tersebut sejauh ini aman-aman saja.

"Setiap bulan stok kita kan 2.500 kantong, Ramadan ini kebutuhannya menurun, jadi bisa kita antisipasi buat kejadian insidentil kecelakaan yang mudik itu," Katanya.
Direktur Utama Rumah Saki Rosela ini menambahkan, darah yang dihimpun PMI sejauh ini sangat diutamakan berasal dari masyarakat Karawang, sehingga distribusinya diharapkan memang digunakan untuk masyarakat Karawang juga. Namun, kebutuhan semua golongan darah saat ramadan ini diakuinya, tetap diantisipasi. Karena sepanjang yang ia tahu, PMI Karawang sudah membuatkan posko-posko mudik disejumlah lokasi untuk melayani para pemudik jika sesekali kekurangan darah. Lokasi tersebut sambung Yesi, antara lain di Jalan Baru - Jalur Telagasari - Cilamaya Kulon - Cilamaya wetan dan Cikampek.

"Stok diutamakan dari warga karawang, distribusinya juga diharapkan demikian, semoga bisa beriringan antisipasi juga dimusim mudik ini, ". Pungkasnya.#rs-fr.
Posting Komentar