Rakerda KNPI Bahas Optimalisasi Peran Pemuda di Karawang

0

KARAWANG, PEKA. - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Karawang menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) dan Orientasi Pengurus, dengan tema "Optimalisasi Peran Pemuda Guna Terwujudnya Generasi Muda yang Mandiri Handal dan Profesional", di Celecton Blue Hotel Karawang, Kamis (15/6).


Ketua DPD KNPI Karawang, Lukman N Iraz mengatakan, Rakerda merupakan amanah bagi pengurus yang ditetapkan dalam Musyawarah Daerah (Musda) XIII Karawang, untuk membentuk program-program yang dapat mewujudkan eksistensi pemuda dalam pembangunan daerah.

"Diharapkan Rakerda ini dapat menghasilkan rekomendasi bagi pembangunan pemuda di Karawang yang tertuang dalam program kerja strategis yang sinergi dengan visi dan misi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang," ujarnya.

Sementara itu, Ketua KNPI Jawa Barat, Saca Suhendi mengungkapkan, tidak ada organisasi yang bisa berjalan dengan baik tanpa adanya sebuah program kerja. "Maka Rakerda ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin oleh pengurus KNPI maupun organisasi kemasyarakatan pemuda (OKP), untuk menyusun program yang baik," katanya.

Ia mengungkapkan, dalam menjalankan roda organisasi pengurus KNPI harus amanah dalam mengelola keuangan negara. Sebab, dana yang digelontorkan pemerintah harus dipertanggungjawabkan penggunaannya. Sehingga tidak bisa melaksanakan kegiatan yang tidak terencana sebelumnya.

"Pola pikir pemuda harus dirubah secara bertahap, agar tidak hanya berfikir meminta anggaran dari pemerintah, melainkan juga harus bisa menjadi seorang pengusaha-pengusaha muda. Sehingga setelah selesai menjadi pengurus KNPI, akan siap menghadapi tantangan kehidupan," katanya.

Mewakili pemerintah, Kepala Bidang (Kabid) Pemuda dan Olahraga (Pora), Dinas Pendidikan Pemuda dan Olaharaga (Diadikpora) Karawang, Siti Imas Masitoh berjanji akan mendukung penuh KNPI dan para pemuda di Karawang, untuk terus berkarya dan ikut membangun daerah.(oca)
Posting Komentar