Iklan
Loading...

Simbolis Tanam Serentak Digelar Estafet

Posted by PELITA KARAWANG on Kamis, 22 Juni 2017


Karawang, PEKA. - Percepatan tanam yang merupakan Upaya Khusus (Upsus) yang digagas Dandim 0604 karawang secara maraton digelar disejumlah sawah dibeberapa Kecamatan, seperti Cilamaya Wetan, Cilamaya Kulon dan Telagasari.  Ikut dalam kegiatan tanam serempak tersebut, para pejabt Balai Besar Organisme Pengganggu Tanaman (POPT).

Dandim 0604 Karawang, Letkol Arm Ayi Yossa mengatakan, masyarakat tani jangan takut target tanam serempak, karena semua stakeholdar harus  Optimalkan kemampuan yang ada.  Sinergitas seluruh komponen masyarakat diperlukan untuk mendampingi petani. Sebab, banyak hal yang harus dilakukan setelah gerakan tanam, karena itu ia menghimbau kiranya masyarakat yang belum mengolah lahan agar segera melakukannya, apalagi ditengah air yang sudah masuk, begitupun yang panen, kiranya untuk tidak lama-lama memmasuki pengolahan. " Mari sama-sama di tanam serempak dan percepatan tanam ini  berikan pemahaman kepada Poktan untuk sama-sama sukseskan target tanam musim ini," ungkapnya.

Kepala Balai Besar Peramalan OPT, Drs Ruswandi MM mengatakan, Keberhasilan swasembada pangan faktor utamanya adalah dari petani sendiri sebagai pihak yang sudah ikut serta dalam menciptakannya. Jika swasembada gagal, berarti ketahanan pangan juga gagal. Untuk itu, kemitraan antara Kementrian Pertanian dan TNI akan terus terjalin sukseskan  swasembada pangan, sebab ketahanan pangan berpengaruh pada ketahanan negara. Sebab, sebutnya,  kebutuhan pangan semakin hari akan selalu meningkat, dilain sisi banyaknya alih fungsi lahan yang terus menggerus pangan masyarakat. Oleh karena itu, jika sudah sukses tanam, maka petani harus juga sukses panen, apalagi segudang bantuan sudah menggelontor kemasyarakat tani, seperti pupuk, asuransi,pengairan dan lainnya." BPOPT siap mendampingi petani dan minta segera digarap percepatan tanam ini, kami sangat siap mendorong terlaksananya target yang sudah ditetapkan," Ungkapnya.

Camat Cilamaya wetan, H Hamdani mengapresiasi kegiatan Percepatan tanam serempak yang sudah digelar di Dusun Tengkolo Desa Tegalsari Rabu 21/6. Dirinya berharap petani bisa ikuti program pemerintah, karena terlambat tanam saja bisa mempengaruhi siklus hama dan pengairan. Karenanya, dengan varietas apapun yang ditanam musim ini, kiranya bisa mulus dan lancar sampai hasil panen tiba." Petani harus ikuti pola tanam yang dicanangkan Pemerintah, karena waktu, siklus hama dan pengairan sudah jadi pertimbangan yang baik," Pungkasnya.#Rsg

Previous
« Prev Post

Related Posts

Kamis, Juni 22, 2017

0 komentar: