SMPN di Karawang Terapkan Program Green School

TERBITKAN PELITA KARAWANG on Selasa, Juni 6

KARAWANG-PEKA-.Lingkungan yang asri dan nyaman tak hanya membuat siswa betah di sekolah, tetapi juga membuat siswa-siswi semangat dalam menuntut ilmu di sekolah.(06/6/2017).


Seperti halnya Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Kutawaluya, selain sudah menerapkan Full Day School, Sekolah tersebut menjadikan salah satu Sekolah yang menerima Program Green School dari Sekda Kabupaten Karawang.

Kepala sekolah SMPN1 Kutawaluya, H. Daud Hudawi, S.Pd,M.Pd mengatakan program Green School yang diterima Sekolahnya, sebenarnya selaras dengan program sekolah untuk tahun palajaran baru 2017/2018 dengan fokus membuat Sekolah yang hijau dengan banyak berbagai jenis tanaman atau Sekolah Hijau.

"Bak gayung bersambut, ternyata sekolah kami dipilih menjadi salah satu Sekolah yg mendapatkan program tentang Green School atau Sekolah hijau dari Sekda Karawang," jelasnya.

Dikatakannya, program Green School sendiri untuk SMPN 1 Kutawaluya sudah diadakan sosialisasi dari Sekda Kabupaten Karawang bersama Disdikpora Karawang bidang SMP di sekolahnya, dimana diikuti sebanyak 50 orang guru sebagi pesertanya, dan narasumber dari perwakilan dari Sekda kabupaten Karawang. 

"Allhamdullilah kami dapat pencerahan tentang bagaimana sekolah hijau, keterkaitan dengan penghijauan didalam lingkungan sekolah. Dengan membuat setiap sisi dipenuhi pohon-pohon dan tanaman - tanaman serta bunga. Program ini sangat bagus dan akan mencontoh dengan mengaitkan dengan metode lain mengenai penghijauan, danjuga bekerja sama dengan dinas terkait," ucapnya.

Masih kata dia,  kedepan Sekolah bisa melaksanakan program Green School ini dengan cara bisa bekerjsama dengan dinas lain, misalnya dengan Dinas Pengelola Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DPLHK) untuk memenuhi kebutuhan tanaman.

"Nanti kami membuat proposal untuk menanam, tanaman apa yang dibutuhkan nanti Insya Allah katanya akan dibantu untuk pengadaannya," ucapnya.

Untuk tanaman yang ditanam, sambung dia, bervariasi,seperti tanaman bunga, tanaman pohon besar seperti mangga, dan tanaman lainnya.Sehingga bisa membuat sekolah menjadi rindang dan hijau.

"Awal tahun ajaran baru, Green School masuk pada Rakerkes Sekolah akan dimulai pada tahun ajaran baru dan disosialisasikan kepada orang tua siswa, sehingga orang tua siswa bisa bekerja sama menjadikan sekolah menjadi hijau. Mudah -mudahan dengan lingkungan yang nyaman anak-anak akan betah disekolah dan lebih bersemngat dalam belajar," pungkasnya.#oca.

Previous
« Prev Post

Related Posts

Selasa, Juni 06, 2017
Loading...