Loading...

Dibuka Seleksi Kadishub Karawang

Jelang Mudik Stasiun Karawang, Layani Rute Jarak Jauh

TERBITKAN PELITA KARAWANG on Senin, Juni 12, 2017


KARAWANG - PEKA - Stasiun Kereta Api (KA) Karawang melayani keberangkatan dua KA jarak jauh tujuan Jawa Tengah (Jateng) dan Jawa Timur (Jatim) untuk melayani pemudik tahun 2017. Kedua KA tersebut yakni Krakatau yang memiliki rute Merak - Blitar melalui Jogjakarta, dan KA Jayabaya rute Jakarta - Malang melalui Surabaya.
Stasiun Kereta Api (Ilustrasi)
"Tahun lalu tidak ada kereta jarak jauh yang berhenti di sini, tapi untuk tahun ini ada dua kereta yang berhenti, yakni KA Krakatau yang berangkat pukul 13.30 WIB dan KA Jayabaya pukul 13.55 WIB," ujar Kepala Stasiun Karawang, Reno Heryadi kepada wartawan, Senin (12/6).
Perbaikan sejumlah sarana dan prasarana juga dilakukan, untuk memberikan kenyamanan kepada para pemudik yang menggunakan dan melalui Stasiun Karawang.
"Kita sudah mulai perawatan jalur, salah satunya melakukan pengelasan sambungan rel yang berada di stasiun, agar lebih nyaman saat kereta melintas," katanya.
Menurut Reno, sedikitnya ada 25 orang yang berangkat ke Jateng atau Jatim dari Stasiun Karawang per harinya.
"Terus naik grafiknya belakangan ini, bahkan mencapai 130 orang pada hari Sabtu dan Minggu kemarin. Sementara untuk tiket sudah habis semua, karena pemesanannya secara online," katanya.
Namun tiket bisa kembali dipesan, jika ada masyarakat yang membatalkan jadwal keberangkatanya.
"Dengan sistem online seperti saat ini, memang masyarakat harus rajin membuka info di website resmi PT. Kereta Api Indonesia (KAI). Siapa tahu memang ada tiket yang tersedia," katanya.
Selain menggunakan Stasiun Karawang, keberangkatan KA jarak jauh dari Kabupaten Karawang juga bisa melalui Stasiun Cikampek.
"Ada 8 KA yang berangkat dari Cikampek, kebetulan memang Cikampek adalah stasiun besar di Kabupaten Karawang, dan mudah-mudahan ke depan Stasiun Karawang bisa cepat menyusul," kata Reno.
Disampaikannya, selain untuk angkutan pada musim mudik lebaran, kedua KA tersebut rencananya akan beroperasi secara permanen setiap hari di Stasiun Karawang. Untuk mempermudah aktivitas masyarakat Karawang yang ingin berpergian menggunakan KA ke wilayah Jateng dan Jatim.
"Kami harap ini bisa terus, dan dapat melayani masyarakat yang kebanyakan pekerja dari luar daerah. Sebab kita tahu, Karawang ini kota industri dan tentu membutuhkan sarana transportasi jarak jauh yang terus bergerak terjadwal seperti kereta," katanya.
Untuk itu, dalam waktu dekat pihaknnya juga berencana membuat ruang tunggu khusus bagi penumpang jarak jauh.
"Saat ini penumpang kereta lokal dan jarak jauh berada dalam satu tempat, kasihan juga kalau seperti itu. Makanya jika minat masyarakat tinggi, gedung bisa diperbesar," kata Reno.
Diketahui, PT. KAI dalam setiap keberangkatan menyediakan 8 kereta yang dirangkai menjadi satu KA, dengan tambahan 1 gerbong untuk mengangkut barang dan hewan.
"Jadi istilah gerbong itu sebenarnya untuk barang dan binatang. Kalau untuk penumpang itu kereta yang berkapasitas 64 orang. Jadi dalam satu rangkaian KA mengangkut 512 penumpang," pungkasnya.#oca-fr.

Previous
« Prev Post

Related Posts

Senin, Juni 12, 2017