Tingkatkan Bakat Pemuda, Karawang Layak Punya Sirkuit Permanen

0
KARAWANG, PEKA. - Ketua DPD KNPI Kabupaten Karawang,  Lukman N Iraz menilai sudah saatnya Kabupaten Karawang memiliki sirkuit permanen sebagai media penyaluran bakat para generasi muda Karawang di bidang balap motor.
Lukman N Iraz - Ketua KNPI Karawang

"Saya berpendapat bahwa Pemerintah Kabupaten Karawang harus membangun sirkuit balapan permanen," katanya kepada wartawan, Minggu (10/6).

Menurut Lukman,perlunya pemerintah daerah Kabupaten Karawang menyediakan sarana sirkuit untuk anak muda yang memang memiliki hobi balapan tersebut untuk mengembangkan kreatiftas mereka.

Pembangunan sirkuit tersebut diharapkan dapat memberi ruang gerak secara leluasa kepada para pemuda untuk menyalurkan bakat sebagai pembalap secara benar dan bertanggung jawab.

"Jika kita perhatikan. animo anak muda ini terhadap balap itu tinggi, Karena hampir setiap tahunnya tidak kurang dari tiga kali di gelar Olah raga semacam itu,"jelasnya.

Oleh karennya, DPD KNPI meninta pemerintah kabupaten memberikan tempat dan sarana untuk itu.

Kata dia, karena selama ini banyak anak-anak muda itu menyalurkan hobi balapnya di jalan raya yang tentunya sangat membahayakan pengguna jalan lain. Dan jalan raya, tentu bukan arena atau sirkuit bebas dengan laju kendaraan di luar batas kewajaran.

" Ya tinggal pemerintah beli lahan saja, anggarkan, guna menunjang minat bakat anak -anak pencinta olah raga otomotif tersebut, sokusinya ya, Di Kabupaten Karawang kan ada perusahaan - perusahaan besar yang bergerak d bidang otomotif jadi manfaatkan saja dana CSR -nya,"paparnya.

Lanjut Lukman, Pembangunan sirkuit permanen ini dapat dikoordinasikan lebih lanjut dengan pihak yang memiliki kompetensi dalam pembangunan sirkuit permanen tersebut. Ada PT. Astra Honda, PT. Yamaha, atau PT. Pertamina atau perusahaan lainnya.

"Kreatifitas anak-anak muda ini harus diperhatikan, harus dibina , kita bisa memanfaatkan CSR yang terpenting hobi yang mereka jalankan tidak menganggu masyarakat yang lain dan dapat terus dikembangkan yang bisa saja mungkin menciptakan pembalap - pembalap hebat tanah air dari Kabupaten kita,"pungkasnya.

Hal senada disampaikan Anggota DPRD Kabupaten Karawang Endang Sodikin. Menurutnya  Pemkab Karawang lebih memperhatikan ajang kreatifitas yang dimiliki oleh anak - anak generasi muda Karawang, baik itu ajang otomotif ataupun kreatifitas seni.

" Ya, saya setuju ya, jika pemerintah daerah yaitu eksekutif menyediakan tempat bagi anak -anak muda kita tempat berkreatifitas sehingga bakat dan potensi mereka dapat terus berkembang,"ujarnya. 

Menurutnya, dengan fasilitas yang memadai bagi kreatifitas mereka akan dapat mengurangi kenakalan anak - anak muda tersebut. Dengan membangun sirkuit balap, pemkab dapat mengurangi angka kenakalan remaja sehingga mereka tidak perlu lagi bergabung dengan geng - geng motor, balapan liar di area jalan raya,yang tentu saja dapat mengganggu dan meresahkan warga masyarakat yang lain.

"Ya, bagus ya kita punya sirkuit khusus mereka balapan, jadi bakat dan hobi mereka dapat tersalurkan dan terarah,"ungkapnya.

Disinggung terkait perencanaan anggaran pembelian lahan, Politisi Partai Gerindra ini merasa pesimis Pemkab Karawang dapat menwujudkannya. 

" Kalau membeli tempat saya rasa gak mungkin, Panti Multi untuk Dinas Sisial saja juga belum sampai sekarang "katanya.

Dikatakannya, Sebenarnya Pemkab dapat memanfaatkan Dana CSR dari perusahaan atau tinggal Bappeda sebagai desaigner, menunjuk mana saja tanah milik pemerintah yang bisa di plot sedikit untuk zona kreatifitas untuk anak - anak muda Karawang.#oca
Posting Komentar