Loading...

Wajib Tahu! Pengobatan Pertama Mabuk Perjalanan Saat Mudik

TERBITKAN PELITA KARAWANG on Sabtu, Juni 10, 2017

JAKARTA - PEKA - Saat mudik, mabuk perjalanan jauh menjadi salah satu hal yang kerap terjadi. Tenang saja, untuk mengatasinya tak melulu harus minum obat kok.

Mabuk Perjalanan (Ilustrasi)
Demikian disampaikan oleh pakar kesehatan tidur dari RS Mitra Kemayoran, dr Andreas Prasadja, RPSGT, kepada detikHealth. Menurut dr Ade, langkah awal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi mabuk perjalanan adalah dengan mematikan AC.

"Buka jendela agar udara di luar bisa masuk ke dalam mobil. Soalnya seringkali mabuk perjalanan juga disebabkan oleh AC mobil yang terlalu dingin. Pada beberapa orang, mabuk perjalanan juga bisa disebabkan oleh aroma khas mobil itu sendiri," ujar dokter yang akrab disapa dr Ade ini.

Jika pendingin sudah dimatikan dan kaca jendela mobil sudah dibuka namun masih terasa mual dan tak membaik, maka bisa juga diberikan minuman hangat. Misalnya seperti teh manis hangat. Hindari minum minuman dengan suhu dingin, sebab Anda justru bisa semakin mual.

Selain itu, penggunaan minyak kayu putih atau minyak aromaterapi juga bisa dilakukan. Diharapkan efek hangat dan aroma khas pada minyak sejenis ini bisa membantu meredakan mual yang dirasakan.

Agar lebih efektif, gunakan minyak ini dengan cara sambil dipijat di beberapa bagian tubuh seperti perut dan dada. Yang tak kalah penting, siapkan juga pakaian tebal seperti jaket atau kaus kaki.


Sumber : Detiknews.com

Previous
« Prev Post

Related Posts

Sabtu, Juni 10, 2017