Waspada Calo KTP, Akta dan Kartu Keluarga Berkeliaran di Disdukcapil

0
KARAWANG, PEKA. - Menjelang idul fitri 1438 hijriah atau 2017 calo KTP, Akta Kelahiran dan Kartu Keluarga (KK) makin menjadi. Masyarakat yang membuat kelengkapan adminisrasi itu perlu waspada, jangan sampai dimanfaatkan oleh calo tersebut.
Ilustrasi Warga sedang sesi Pemotretan Pembuatan e-KTP

Pantauan wartawan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Karawang, pembuat identitas ini masih numpuk seperti biasanya. Bahkan ada yang nyeleneh bayar dengan sejumlah uang ke oknum atau calo yang berkeliaran di intansi pemerintahan.

Yono (25), mengatakan, kedatangan dia ke Disdukcapil. Kata dia, untuk membuat KTP dia yang hilang. Pasalnya untuk mudik sekarang perlu ada identitas. "Sebelum mudik saya harus ada KTP sebagai idenditas diri. Suka ada pemeriksaan dari aparat," katanya yang mengaku warga Jawa Tengah.

Ia mengatakan,KTP dia sudah dibuat sejak dulu tinggal di Karawang lima tahun lalu. Bahkan sudah berpindah domisili. Namun karena identitas hilang, sehingga ia membuat kembali.

"Ya namanya hilang mas, mau gimana lagi. Sekarang ngurus lagi buat baru," katanya.

Disinggung ada biaya untuk pembuatan idensitas ini, pihaknya tidak menyebutkan. Namun ia memberikan kode ada calo yang berkeliaran. "Gak berani ngomong, takut salah," ujarnya, berbincang.

Hal sama disampaikan Mamang (30). Ia datang untuk menanyakan KTP yang sudah dibuat sejak lalu tapi belum selesai. "Dulu kan sementara hanya selembar kertas, katanya sekarang sudah jadi. Maka kami datang ke Capil," bebernya.

Di kantor dinas itu sudah ada penjelasan kewjiban warga negara dalam adminirasi kependudukan sesuai UU RI. Bahkan ada imbauan waspada calo. Namun masih ada saja oknum dan calo yang memanfaatkan situasi. Meski kepala Disdukcapi, Yudi Yudiawan memberikan imbauan masih ada saja oknum terebut berkeliaran.#oca/fr
Posting Komentar