Wow, Pelajar Libur Sebulan Lebih

0
KARAWANG, PEKA - Libur Ujian Akhir Semester (UAS) tahun ini bisa dianggap istimewa. Pasalnya, selain berakhir Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), para siswa juga ditambah libur Puasa dan Idul Fitri. Tak main-main, kalender akademik menetapkan liburan selama sebulan, mulai 17 Juni hingga 17 Juli mendatang.
Ilustrasi
Kepala SMPN 2 Lemahabang, Saundi S.Pd mengatakan, dalam istilah "titi mangsa" kalender akademik, pembagian raport mulai didistribusikan tanggal 17 Juni, bahkan beberapa sekolah diantaranya lebih awal. Setelanya dibagikan, semua siswa yang usai melaksanakan Ujian Kompetensi Kelas (UKK) maupun UNBK yang hendak masuk SMA libur panjang,terhitung mulai 17 Juni sampai 17 Juli yang ditetapkan sebagai hari pertama masuk sekolah. Dengan demikian, para siswa bisa dikatakan berlibur selama sebulan.

"Bagi raport langsung libur, masuk lagi tanggal 17 Juli, ya berarti liburnya sebulan," Katanya.
 
Saundi menambahkan, meskipun para siswa/i libur, baginya dan guru-guru masih banyak kegiatan menanti, baik sebelum masuk libur maupun di hari liburnya. Sebut saja pengisian raport baik yang sudah Kurikulum 2013, maupun yang masih KTSP. Begitupun saat libur, pihak sekolah masih akan disibukan dengan proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), dimana SMPN 1 Lemahabang dan SMPN 2 Majalaya ini menjadi sekolah terbanyak se Komisariat Telagasari yang akan menampung siswa, karena menetapkan 11 rombongan belajaar atau 352 siswa.
 
Apalagi, Perbup yang mengatur PPDB sebagai turunan Peraturan Menteri Pendidikan (Permendikbud) 17 tahun 2017 ini, sudah terbit per 9 Juni kemarin dengan nomor 420/Kep/822-Huk/2017. Semoga saja harap Saundi, selama liburan, agenda PPDB ini selalu kondusif dan berjalan lancar. 

"Libur lebaran, kita disibukan dengan Proses PPDB," Ungkapnya.
Senada dikatakan Ketua Forum Musyawarah Kepala Sekolah (MKKS) Komisariat Telagasari, Eman S.pd, distribusi raport akan diberikan pada Sabtu 17 Juni ini, kemudian dihari itu menjadi awal para siswa liburan sampai kemudian masuk lagi pada tanggal 17 Juli. Diharapkan, selama liburan sebulan ini, para siswa bisa tetap belajar dirumah untuk mempersiakan diri dikelas-kelas berikutnya. Sementara para Kepsek dan guru sambung Eman, khusus PNS baru akan tuntaskan kegiatan dan program sementara H - 2 Idul Fitri, seperti Penerimaan pesesrta Didik Baru (PPDB).

"Iya liburnya sebulan, kita harap siswa tetap tertib dan belajar dirumah selama waktu liburan tersebut," Ungkap Kepala SMPN 2 Tempuran ini.#rs-fr.
Posting Komentar