Pekanbaru - PEKA-.Olimpiade Sains Nasional 2017 di Kota Pekanbaru akan memperebutkan 420 medali pada 11 bidang lomba.

Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Hamid Muhammad pada pembukaan OSN di Pekanbaru, Senin, mengatakan penyelenggaraan OSN juga dilakukan untuk membina dan mengembangkan bakat, minat, dan prestasi peserta didik dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. 

"Diselenggarakannya OSN juga bertujuan untuk membina karakter peserta didik agar berintegritas, jujur, pekerja keras, menghargai prestasi, tangguh, dan cinta tanah air," katanya.

Para peserta akan berlaga dalam 11 bidang lomba yaitu matematika, IPA, IPS, informatika/komputer, fisika, kimia, biologi, kebumian, geografi, astronomi dan ekonomi. Mereka akan memperebutkan 420 medali yakni 70 medali emas, 140 medali perak, dan 210 medali perunggu.

"Para juara akan mendapatkan medali, uang pembinaan, dan piagam penghargaan dan akan dinominasikan untuk diikutsertakan pada olimpiade sains tingkat internasional," kata Hamid.

Olimpiade tahun ke-16 ini diselenggarakan pada tanggal 3 hingga 8 Juli 2017.

Lokasi lomba tersebar di beberapa tempat di kota Pekanbaru dan sekitarnya seperti SMP Darma Yudha, SMA 1 Pekanbaru, SMAN 8 Pekanbaru, SMK Labor, SMA Plus Riau, SMA Cendana, Universitas Negeri Riau, Politeknik Caltek Riau, dan aula Hotel Furaya Pekanbaru.

Keseluruhan peserta berjumlah 1.280 siswa, terdiri dari tingkat SD/MI sebanyak 204 siswa, SMP/MTs 396 Siswa, dan SMA/MA 680 siswa.

Apabila ditambah dengan pendamping, pembina, juri, asisten juri, panitia pusat, dan panitia daerah, maka jumlah keseluruhan partisipan OSN Tahun 2017 sebanyak 2.024 orang

Sumber :Antara