Anggaran Desa Tahun 2017 Mencapai Rp600 Miliar - PELITA KARAWANG

Breaking

Post Top Ad

pasang

Minggu, 30 Juli 2017

Anggaran Desa Tahun 2017 Mencapai Rp600 Miliar

KARAWANG.- Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Karawang, menyatakan total anggaran untuk desa pada tahun ini cukup besar hingga mencapai sekitar Rp600 miliar.
   
"Anggaran itu merupakan total dari bantuan Provinsi Jabar, anggaran dana desa dari pemerintah pusat, serta anggaran dana desa (ADD) dari pemkab," kata Kepala Dinas Permberdayaan Masyarakat dan Desa Karawang, Ade Sudiana, kemarin.

Ia mengatakan, untuk anggaran dana desa dari pemerintah pusat tahun ini mencapai sekitar Rp160 miliar. Kemudian bantuan dana desa dari Pemprov Jabar Rp150 miliar dan dana desa dari pemkab sebesar Rp290 miliar.
   
Dijelaskan, anggaran bantuan untuk desa tersebut disalurkan ke 297 desa sekitar Karawang. Sebenarnya, nilai bantuan provinsi (banprov) untuk desa di Karawang setiap tahunnya mencapai Rp100 miliar. Tapi karena pada tahun lalu terjadi pengurangan jatah banprov untuk Karawang, maka pada tahun ini ditambah Rp50 miliar, sehingga menjadi Rp150 miliar.

"Tahun lalu jatah banprov Karawang untuk desa hanya Rp50 miliar. Tapi tahun ini menjadi Rp150 miliar, sebagai ganti pengurangan jatah banprov tahun lalu," kata dia.
   
Ia mengatakan, melihat cukup besarnya anggaran untuk desa itu, maka pemerintah desa harus mampu mengembangkan daerahnya masing-masing. “Khususnya untuk kesejahteraan masyarakat melalui BUMDes yang dimiliki oleh masing-masing desa,” katanya.

Ia menambahkan, dengan anggaran yang cukup tinggi ini, diharapkan desa bisa mengembangkan ekonomi kerakyatan. Sehingga masyarakatnya tidak perlu lagi ke kota untuk mencari kerja di perusahaan, sebab di desa sudah memiliki potensi usaha yang dikembangkan melalui BUMDes tersebut.

Penulis : Oca
Editor : Farida
Posting Komentar