Atasi Urbanisasi Dengan Membangun Dari Pinggiran

0

Jakarta -PEKA-. Ibarat pepatah: ada gula ada semut, itulah yang terjadi di kebanyakan kawasan di Indonesia saat ini. Urbanisasi terjadi di kota-kota besar.  Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, menekankan pembangunan dari pinggiran sebagai salah satu cara mengatasi urbanisasi. 

ilsutrasi
"Ya (mengatasinya) dengan membangun dari pinggiran, memang itu arahan Pak Jokowi. Supaya masyarakat di desa, di kelurahan, di pinggiran, di gunung itu, mari kerja yang mampu menghasilkan sesuatu untuk kehidupan di daerahnya," kata Kumolo, di Jakarta, Senin.

Dia menekankan urbanisasi atau perpindahan masyarakat dari desa ke kota tidak bisa dilarang karena itu menyangkut hak asasi manusia. 

Namun masyarakat desa yang memutuskan pindah ke kota harus membawa surat pindah.

"Saya kira kalau dia niat mau kerja harus bawa surat pindah. Apakah dia akan tinggal di rumah keluarganya kah, di kost-kah, atau di hotel," kata dia. 

Sedangkan mengenai fakta banyaknya masyarakat desa yang tidak memperoleh pekerjaan di kota, dia mengatakan hal itu diserahkan kepada kebijakan masing-masing pemerintahan daerah sesuai peraturan daerah berlaku. 

Sumber :Antara.
Posting Komentar