-. Masyarakat dunia kembali dihebohkan oleh kemunculan cincin hitam yang mengambang di langit. Sebagian orang menduga cincin hitam itu merupakan portal yang digunakan alien untuk datang ke Bumi.

Pekan lalu, cincin hitam berbentuk UFO itu muncul di jalan tol M26, dekat Birkenshaw, Yorkshire, Inggris. Dengan lebar diameter yang mencapai ratusan meter, benda aneh itu dijuluki “pusaran asap”.

Salah satu saksi mata adalah Kimberley Robinson yang melihat pusaran asap tersebut saat berkendar bersama kekasihnya, Danny Cooper. Dengan sigap, Kimberley memotret pusaran asap dengan kamera telepon pintarnya.

“Saya dan pacar saya mengemudi hari ini dan melihat sebuah cincin hitam terbang di langit. Kelihatannya agak seperti asap tapi bentuknya adalah cincin yang kokoh,” kata Robinson yang mengira cincin tersebut sebagai asap kebakaran.

Namun, Dinas Pemadam Kebakaran West Yorkshire mengatakan, tak ada laporan terjadinya kebakaran pada hari Minggu pukul 13.30 waktu setempat.

Bukan pertama kali

Walaupun terdengar aneh, apa yang dialami Kimberley bukanlah kali pertama terjadi. Pada tanggal 27 April 2016 lalu, video amatir menunjukan hal serupa: penampakan awan aneh yang melayang di atas Magic Castle Disneyland di California. Dalam rekaman tersebut, para saksi mata bersorak histeris.

“Tidak tahu apa ini bisa... (Aku hanya) berjalan di jalan utama Disneyland mengikuti parade. Hari itu adalah malam yang berangin, (jadi) tidak mungkin ada cincin asap,” kata perekam video, Kyle Hawkins.

Dia melanjutkan, semua orang menyaksikannya dalam kebingungan. Aku setengah berharap portal alien terbuka melalui cincin ini saat kami menatap tak percaya...  Hal teraneh yang pernah kulihat.

Selain itu, pada tahun 2015 rekaman pusaran awan muncul dari Kazakhstan. Berdiameter 100 meter, lingkaran hitam itu melayang di langit yang cerah. Keberadannya terlihat sekitar 65 kilometer sebelah utara Ibukota Astana dan setelah melayang selama 15 menit, pusaran tersebut lenyap tanpa bekas.

Penjelasan sederhana

Berbagai teori pun muncul berkat berbagai kejadian di atas. Sebagian orang mengidentifikasikannya dengan penampakan alien dan portal antara ruang dan waktu.

Namun, ada penjelasan yang lebih sederhana. “Cincin asap di langit seperti ini terlihat sangat menyeramkan dan tidak biasa,” kata Nigel Watson, penulis 'UFO dari Perang Dunia Pertama' kepada MailOnline.

Dia menjelaskan, dalam kasus (Birkenshaw) ini, cincin hitam bukan pesawat luar angkasa dari planet Zog yang dikirim oleh alien jahat, tetapi hasil sampingan dari tembakan meriam dalam reka ulang pertempuran di acara Yorkshire Wartime yang diadakan di dekatnya.

Yorkshire Wartime, sebuah festival peragaan Perang Dunia I dan II, melibatkan lebih dari 500 kendaraan militer dan 50 peragaan perang. Festival itu berlangsung dekat Robinson melintas, yakni di jalan tol M26.

Tembakan meriam pun menciptakan cincin asap dan gangguan pada udara sekitar yang menghasilkan pusaran. Udara yang berada di sekitar pusaran terhempas, sementara udara di dalamnya berputar.

Teori ini pun disetujui oleh Nick Pope yang biasa menyelidiki UFO dan misteri lainnya untuk Kementerian Pertahanan Inggris.

“Kendati teori tentang UFO, alien, atau portal ke dimensi lain terdengar eksotis, saya yakin ada penjelasan sederhana di sini. Yang disebut dengan pusaran asap bisa timbul saat ada ledakan yang melalui struktur melingkar seperti cerobong asap. Jadi efek aneh ini bisa disebabkan oleh kecelakaan - atau memang disengaja," ujarnya.

Dia melanjutkan, saya menyadari bahwa dengan mengungkapkan ini, saya mungkin akan dituduh bekerja untuk Illuminati atau sejenisnya, tetapi saya benar-benar berpikir bahwa kita sudah bisa menutup berkas kasus yang satu ini.

Met Office, kantor nasional meteorologi Inggris, pun angkat bicara. Mereka berkata bahwa cincin hitam itu tidak berhubungan dengan kondisi cuaca. "Kami telah melihatnya dan tidak dapat memikirkan sesuatu yang bersifat meteorologi yang dapat menyebabkan fenomena semacam itu.

Sumber : Kompas