Di Karawang ,Siswa Baru MTS Membludak Tapi MA Menyusut - PELITA KARAWANG

Breaking

Post Top Ad

Sabtu, 29 Juli 2017

Di Karawang ,Siswa Baru MTS Membludak Tapi MA Menyusut


Karawang,-Imbas regulasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ini, ikut menggerek jumlah kuantitas siswa baru Madrasah Tsanawiyah (Mts) Ghoyatul Jihad Kecamatan Telagasari. Pasalnya, setelah melepas siswa 4 Kelas ditahun ajaran 2016/2017 kemarin,Madrasah Swasta ini justru diserbu siswa baru hingga tertampung 9 kelas sekaligus. Meskipun bangunan belum memadai mencukupi kelebihan kelas, Pihak Madrasah terpaksa nebeng beberapa kelas di Madrasah Aliyah (MA) yang juga masih satu Yayasan.

Kepala Mts Ghoyatul Jihad, Drs H Oyok Abdurahman S.Ag mengatakan, siswa baru diakuiya diluar dugaan, karena ditarget bisa memenuhi 4 kelas karena berdasarkan asumsi hanya melepas 4 Rombongan belajar ditahun kemarin, justru pendaftar tertampung hingga 9 kelas. Ia membantah bahwa banyaknya pendaftar adalah akibat buangan dari SMP Negeri yang gagal diterima, sebab, sedari awal pendaftaran, sudah ratusan lulusan SD/MI menjadikan Mts Ghoyatul Jihad ini pilihan utama dan bukan alternatif. Memang sebut Oyok, ada beberapa yang gagal di SMP Negeri kemudian baru mendaftar ke Mts, tapi itu jumlahnya hanya berkisar 20 an siswa saja." Kita melepas 4 kelas, tapi yang daftar ini justru sampai 9 kelas," Ujarnya.

Semuanya, sambung Oyok, ditampung pihak Madrasah, meskipun beberapa kelas harus nebeng dulu di MA yang juga masih satu Yayaysan dan satu hamparan. Sebab, fasilitas Madrasah untuk penambahan kelas baru sudah habis lahannya, paling tidak kedepan harus bekerja ekstra untuk meninggikan bangunan dua lantai, ajuannya sebut Oyok, siap di proses, baik ke Anggota DPRD, CSR, Wakil Bupati atau sumber anggaran lainnya yang diharapkan bisa terealisasi. " Bangunannya kita ingin dua lantai, karena kalau lahan ini sudah habis, semoga saja ada jalannya." Ujarnya.

Lebih jauh Oyok menambahkan, dipilihnya Mts ini ada beberapa faktor yang menjadikan orangtua memilih memasukannya ke. lembaga ini, pertama adalah soal akses yang lebih dekat yang rata-rata dilihat Ijasah dan pendidikannya sama saja, bahkan plus pembinaan keagamaannya, apalagi orangtua di zaman sekarang pola pikirnya sudah ingin menyekolahkan anak dengan basis agama. Disamping juga Sebut Oyok, adalah faktor prestasi akademik dan non akademik yang ditunjukan para alumni dan siswanya, sehingga kompetisi dan kompetensi Madrasah sama saja dengan sekolah pada umumnya." Banyak hal yang mendasari orangtua masukan anaknya ke Mts, salah satunya ya alumni kita banyak yang sukses dan berprestasi," Ujarnya.

Lain Mts lain pula dengan Madrasah Aliyah (MA) Ghoyatul Jihad, disaat Mts diserbu siswa baru, MA yang merupakan lembaga pendidikan sederajat SMA ini justru mengalami penurunan siswa baru yang drastis. Dikatakan Kepala MA nya, Drs H Salmon, pihaknya melakukan beragam cara saat promosi agar siswa baru bisa tertampun 2 kelas atau sekurang-kurangnya 60 an, mulai pembebasan uang pendaftaran, spanduk dan lainnya, disamping juga aturan/regulasi PPDB tahun ini yang bisa menguntungkannya. Namun, yang masuk hanya 27 siswa saja, padahal semua fasilitas sudah tersedia, mungkin ini adalah faktor dari SMA yang mendadak membuka kelas terbuka, atau juga maraknya berdiri SMK-SMK baru." Iya kita buka 2 kelas, tapi yang daftar hanya 27 siswa saja," Ungkapnya.

Penulis : Ruri
Editor : Farida
Posting Komentar