Didaerah Ini Sebagian Pejabat Pemda Mundur dari Jabatannya

0
Choirul Huda

Mukomuko-.Bupati  Choirul Huda menyatakan hanya sebagian dari puluhan pejabat eselon III dilingkungan pemerintah daerah Mukomuko  yang mengundurkan diri.

"Tidak banyak pejabat yang menggundurkan diri, hanya sebagian kecil, terutama mereka yang tidak mampu dalam menjalankan tugas yang diberikan," katanya.

Sebanyak lima orang pejabat eselon III yang menggundurkan diri tersebut, yakni Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Suwarto, Kepala Bidang Pendidikan Sekolah Dasar Warsito.

Kemudian, Kabid Farmasi dan Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Khairul Saleh, dua orang Kabag Umum Sekretariat pemerintah daerah, yakni Heri Prasetyono dan Sardi. 

Ia mengatakan, ada keinginan perubahan dalam organisasi perangkat daerah tetapi pejabat tersebut tidak bisa. Yang jelas ketidakmampuan pejabat itu menjalankan tugas yang diberikan, sehingga mundur. 

Pihaknya melantik aparatur sipil negara (ASN) pada jabatan tertentu sebagai bentuk uji coba. Sejauhmana kemampuan ASN tersebut. Karena, menurutnya, dalam birokrasi itu ada tingkatan atau jenjang seseorang ASN baru bisa memegang jabatan tertentu.

Namun, katanya, mereka tidak profesional dan tidak bisa beradaptasi dalam lingkungan kerjanya yang baru.

Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Mukomuko Ali Saftaini sebelumnya mempertanyakan alasan sejumlah pejabat tersebut mengundurkan diri karena biasanya ASN yang meminta jabatan kepada atasannya.

Ia menilai, tidak ada rasa kebanggaan lagi dalam diri ASN memegang suatu jabatan. Ada sesuatu yang membuatnya berpikir lebih berat atau terlalu berisiko menerima amanah tersebut.

Dikatakan, dalam waktu dekat lembaga ini menggelar dengar pendapat dengan seluruh organisasi perangkat daerah menyangkut serapan anggaran, termasuk penyebab banyaknya pejabat mundur.

Menurutnya, sekarang ini opini yang terbangun pasti ada apa-apanya. Karena orang diberi amanah tidak mau. 
Posting Komentar