Hati-hati Virus ini Bisa Bikin Anak Lahir Cacat - PELITA KARAWANG

Breaking

Post Top Ad

pasang

Kamis, 27 Juli 2017

Hati-hati Virus ini Bisa Bikin Anak Lahir Cacat


Karawang.- Sosialisasi Campak dan Rubella gencar dilakukan sejumlah UPTD Puskesmas diberbagai wilayah jelang pelaksanaannya Agustus - September mendatang.

Pasalnya, meskipun tergolong tidak terlalu membahayakan bagi si penderita rubella pada anak usia 9 bulan - 15 tahun, namun virus yang menular bisa mengancam nyawa janin dalam kandungan ibu hamil keguguran, bahkan cacat.

Hal itu diungkapkan Programer Imunisasi MS UPTD Puskesmas Telagasari, Pepi Susilawati A.Mk disela-sela sosialisasi kepada puluhan Kepala SD, SMP dan SMA sederajat diaula kantor Kecamatan Telagasari Kamis (27/7) .

Menurutnya, Campak dan rubela adalah penyakit infeksi menular melalui saluran nafas yang disebabkan oleh virus, anak dan orang dewasa yang belum pernah mendapat imunisasi ini mengalami penyakit bresiko tinggi tertular. Bahkan, sebut Pepi, Rubella yang biasanya berupa penyakit ringan pada anak, jika menulari ibu hamil di trisemester pertama atau awal kehamilan, bisa mengalami abortus alias keguguran atau bahkan kecacatan pada bayi yang dilahirkan
." Khusus rubella biasanya dianggap penyakit ringan yang memang bisa sembuh dengan sendirinya, tapi kalau sudah menulari ibu hamil, anaknya bisa lahir cacat atau bahkan keguguran alias abortus," Ujarnya.

Lebih jauh Pepi menambahkan, tidak ada pengobatan untuk penyakit campak dan rubella, namun penyakit ini dapat di cegah, yaitu dengan vaksin MR, karena dalam satu vaksin ampuh mencegah 2 penyakit sekaligus, yaitu campak dan rubella. Vaksin ini adalah produksi Biofarma Bandung yang aman dan terjamin, bahkan telah mendapat rekomendasi dari WHO dan BPOM. Karenanya, masyarakat dan para guru dimintanya untuk meneruskan penyampaian ini,  karena setelah efek samping paska di vaksin, hanya akan demam ringan, ruam merah, bengkak ringan dan nyeri pada suntikan setelah imunisasi, semua itu adalah reaksi normal yang akan menghilang dalam jangka 2 - 3 hari, namun ini jarang terjadi." Vaksin MR ini aman dan terjamin, jadi jangan khawatir, semua anak di Telagasari dengan jumlah sasaran 17.109, bisa di imunisasi ini," Pungkasnya.

Penulis : Rury
Editor : Farida
Posting Komentar