Jakarta-.Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Susy Susanty di Jakarta, Senin, menyatakan siap menghadapi siapapun di SEA Games 2017 setelah memperoleh hasil undian pesta olahraga se-Asia Tenggara yang akan berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia, Agustus.

"Buat kami, kami siap ketemu siapa saja. Kalau memang mau menang, harus bisa mengalahkan semuanya. Kami harus kerja keras, fokus," ujar Susy dalam pernyataan resminya.

Greysia Polii/Apriani Rahayu
Berdasarkan hasil undian, tim putra Indonesia yang merupakan juara bertahan, berstatus unggulan utama dan akan menantang Kamboja di perempat final. Jika lolos, pemenang antara Thailand versus Vietnam akan menjadi calon lawan tim Indonesia.

Sedangkan di pool bawah, Malaysia yang merupakan unggulan kedua, dihadapkan dengan tim Laos. Langkah Malaysia ke final tampaknya cukup terbuka, jika lolos ke semifinal mereka tinggal menanti pemenang duel antara Singapura dan Myanmar.

Di bagian beregu putri, tim Indonesia yang merupakan unggulan kedua, bakal berhadapan dengan tim Laos. Di semifinal, putri-putri Indonesia kemungkinan akan menantang tim tuan rumah Malaysia.

Sedangkan tim Thailand yang merupakan juara bertahan sekaligus unggulan pertama, mendapat bye di babak perempat final. Pada laga semifinal, Thailand akan bertemu dengan pemenang antara Singapura dan Vietnam.

"Kans kami cukup besar di beregu putra, memang kami membidik emas di nomor ini. Sedangkan tim putri Indonesia kemungkinan bertemu Malaysia di semifinal dan Thailand di final. Peluang bertemu Malaysia memang lebih besar ketimbang ketemu Thailand. Jika bertemu Thailand di final, peluangnya 51-49 untuk keunggulan Thailand, tetapi tidak menutup kemungkinan kita bisa," kata Susy.

Di sektor putri, Susy melanjutkan dirinya berharap pada nomor ganda di mana di SEA Games 2017 nanti juga memboyong pasangan Greysia Polii/Apriani Rahayu yang baru menjuarai Thailand Grand Prix Gold 2017.

"Ganda putri kita juga mengalahkan beberapa ganda putri Thailand dan ini tentunya menambah kepercayaan diri mereka, semoga kali ini bisa menang lagi dan tinggal mencari satu nomor dari tunggal," tutur Susy.

Tim bulutangkis Indonesia menargetkan tiga medali emas di SEA Games 2017. Seperti yang diungkapkan Susy, nomor-nomor yang menjadi andalan adalah beregu putra, ganda putra, ganda campuran dan ganda putri.

Penyelenggaraan SEA Games 2017 yang bersamaan dengan World Championships 2017 membuat tim bulutangkis Indonesia harus membelah kekuatan. 

Pemain-pemain top seperti Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo yang dua tahun lalu meraih perak di SEA Games Singapura 2015, kali ini absen dan berlaga di World Championships 2017 yang berlangsung di Glasgow, Skotlandia.