Ini Anggaran Untuk Lampu PJU LED Karawang - PELITA KARAWANG

Breaking

Post Top Ad

pasang

Kamis, 20 Juli 2017

Ini Anggaran Untuk Lampu PJU LED Karawang


Karawang.-Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, menyiapkan anggaran Rp5 miliar untuk penggantian ratusan lampu penerangan jalan umum (PJU) konvensional ke lampu jenis light emitting diode (LED). 

"Anggaran sebesar Rp5 miliar itu untuk penggantian 500 lampu konvensional ke jenis LED," kata Kabid Pertamanan dan PJU Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman setempat Novi Gunawan.

Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Karawang akan mengganti lampu PJU konvensional ke jenis LED dengan alasan efisien dan ramah lingkungan.

Ia mengatakan, kegiatan penggantian jenis lampu PJU itu mulai dilakukan pada tahun ini. Tapi tahap awalnya, penggantian jenis lampu PJU itu akan dilakukan di sepanjang jalan Bypass Karawang.

Menurut dia, penggunaan jenis lampu konvensional pada PJU itu cukup menguras daya listrik, berbeda dengan lampu jenis LED yang lebih hemat energi.

"Daya yang digunakan juga berubah dari sebelumnya 250 watt menjadi hanya 90 watt," katanya.

Selain untuk menggalakkan hemat listrik, penggantian jenis lampu PJU tersebut dinilai akan menambah kesan keindahan suasana di jalan-jalan yang diteranginya.

Tetapi diakui, harga beli lampu LED itu dua hingga tiga kali lipat dari harga lampu PJU konvensional per unitnya.

Novi menyatakan, pada tahun ini penggantian jenis lampu PJU itu mulai dilakukan. Sehingga pada tahun depan seluruh lampu PJU di Karawang menggunakan jenis lampu LED.

Jika perhitungannya dilarikan ke pembayaran rekening PLN, penggantian lampu PJU konvensional dengan lampu LED, bisa lebih hemat 50 persen dari jumlah yang biasa dibayarkan sebelumnya. 
Posting Komentar