Ini Cara Membuat Jamban Sehat di Pesisir

0

Karawang,- Setelah menggelar sosialisasi STBM, Petugas Kesehatan Lingkungan (Kesling) UPTD Puskesmas Tempuran langsung terjun lapangan memberikan pembinaan dan pemberdayaan kepada masyarakat sasaran yang masih Buang Air Besar (BAB) sembarangan.

Petugas Kesling UPTD Puskesmas Tempuran, Amirin Buchori mengatakan,  Pemicuan STBM stop buang air besar sembarangan sudah disosialisasikan dan sasaranya mereka yang masih BAB di sembarang tempat,  Seperti di sungai dan di laut. Senin pagi (24/7), pihaknya berikan memotivasi dan pemberdayaan bagi masyarakat sasaran tersebut, supaya mereka mau membuat jamban sehat secara mandiri, itu dilakukan agar bisa merubah pola pikir hidup sehat dan lingkungan yag bersih. Merubah pola ini diakui Amirin, bukanlah perkara mudah, sebab di Ciparagejaya ini ada 53 persen masyarakatnya masih BAB sembarangan." Agar merubah pola pikir ini kita terjun lapangan dibeberapa Dusun, tujuannya ya agar mereka bisa punya jamban sehat mandiri," Ujarnya.

Amirin menambahkan, jamban sehat yang direkomendasikan, adalah jamban sehat yang tidak mencemari sumber air minum, minimalnya ber jarak 10 meter dari sumber air, juga lokasi yang tertutup tidak terkena lalat, berbau atau terkena vektor lainya, sehingga tempat jamban yang sehat itu juga mudah di bersihkan dan tidak mengganggu buat pemakainya. Ini, juga menjadi bagian dari sosialisasinya, diharapkan semua itu jitu untuk menggugah kesadaran masyarakat. Pihak Kesling hanya sebatas sosialisasi dan pemicuan saja, sementara subsidi pembuatan jamban sehat itu mungkin dari dinas yang lain." Membuat jamban sehat itu ada Kriterianya, kita sebatas sosialisasi pemicuan sementara subsidi pembuatannya mungkin dari Dinas lain," Pungkasnya.


Penulis : Ruri
Editor   : Farida
Posting Komentar