Ini Penyebab Banyak Wisatawan Alami Laka Laut di Gunungkidul - PELITA KARAWANG

Breaking

Post Top Ad

Selasa, 04 Juli 2017

Ini Penyebab Banyak Wisatawan Alami Laka Laut di Gunungkidul


Gunungkidul, PEKA - Angka kecelakaan laut di wilayah Gunungkidul tergolong tinggi. Tahun ini sampai Juni 2017 tercatat ada 37 korban dalam 35 kejadian. Satu korban dinyatakan meninggal. 
Goa Pindul

Sedangkan pada tahun 2016, jumlah laka laut di Gunungkidul berdasarkan catatan SAR Gunungkidu ada 118 korban dalam 78 kejadian. Sebanyak 3 orang dinyatakan meninggal, dan 1 korban dinyatakan hilang.

Tingginya angka kecelakaan laut ini disebabkan banyak wisatawan yang tidak menghiraukan larangan mandi di laut yang telah dipasang petugas. Kebanyakan para korban terseret ombak di area palung. Di sepanjang Pantai Selatan Gunungkidul banyak dijumpai palung laut yang dalam.

"Kebanyakan pengunjung susah kalau diperingatkan. Kalau diatur enggak mau," kata koordinator SAR Satlinmas Korwil II Gunungkidul Marjono, Selasa (4/7/2017).

Menurut dia, banyak wisatawan berkunjung ke kawasan pantai yang tidak mengindahkan seruan/peringatan petugas. Mereka tetap mandi di laut di sekitar area palung. Kebanyakan mereka adalah anak-anak muda dan anak-anak. 

"Mereka biasanya bermain air tidak hanya dibibir pantai, tapi sudah menjauh hingga ke tengah," katanya.

Dia mengatakan larangan mandi di laut terutama di area sekitar palung, bukan berarti pihaknya melarang wisatawan bermain air. Melainkan ingin agar wisatawan bermain air laut di lokasi yang aman, tidak bermain air di area palung. 

Untuk mengantisipasi laka laut, pihak SAR Gunungkidul sudah memasang banyak papan informasi termasuk tanda di sekitar area palung. Tapi papan tersebut masih kerap tak digubris wisatawan. 

"Rambu-rambu dan papan informasi serta tanda peringatan di area palung sudah terpasang, tapi banyak yang tidak menghiraukan," pungkas dia. 

Sumber : Detiknews.com
Posting Komentar