Input dan Sensus Peserta Kartu Tani Tanpa Biaya Operasional - PELITA KARAWANG

Breaking

Post Top Ad

pasang

Selasa, 18 Juli 2017

Input dan Sensus Peserta Kartu Tani Tanpa Biaya Operasional


Karawang-.Permintaan Bank Mandiri sebagai pihak yang akan mengeluarkan Kartu Tani agar input data petani masuk sekitar 28 Juli mendatang, terus ditindaklanjuti pihak UPTD Pertanian Kecamatan Tempuran.Meskipun tanpa operasional saat pendataan, namun diwilayah dengan area sawah terluas di Karawang ini sudah 600 KTP petani di input.(18/7).

Kepala UPTD Pertanian Kecamatan Tempuran, H Yadi mengatakan,sebanyak 600 nama atau KTP peserta Kartu tani sudah masuk datanya di Tempuran tapi itu masih data mentah,hanya saja yang sudah online sekitar 300an.Tinggal nanti terus ditindaklanjuti pendataan dan sosialisasinya, sebab, permintaan.Pihak Bank Mandiri ini input data kiranya sudah harus masuk sekitar minggu ke 4 bulan ini.

Namun, semuanya masih berproses, sebab input data kepesertaan Kartu Tani ini perlu integrasi bersama antara Kepala Desa, Penyuluh dan kelompok taninya. Betapapun, pendataan atau kata lainnya sensus ini zero anggaran operasional.Meskipun demikian,para Kades dimintanya untuk responsip dan melayani jika ada petani yang hendak daftar kepesertaan Kartu tani ini." Kita sudah terima 600 nama, hanya yang sudah input online ada 300 an," Katanya.

Yadi menambahkan,  Kartu tani ini nanti dimiliki petani selain bisa untuk tabungan, juga ada catatan luas area dan kuota pupuk, sehingga soal luas lahan ini akan terlacak. Untuk itu,data yang dimasukan ini harus detail dan lengkap, termasuk penyisiran para Kades atas Kelompok tani yang jarang aktif. Karenanua,ia sepakat jika para Kades gelar peremajaan kelompok tanni dan direkomendasikan sekaligus dikukuhkan para Kepala Desa sendiri, karena mungkin saja ada yang mulai malas,meninggal dunnia atau pindah domisili dari nama anggota Poktan tersebut. Tidak perlu sambung Yadi, mengganti nama Poktannya,melainkan cukup mengganti kepengurusannya saja,apalagi urusan Kartu Tani ini butuh keterlibatan yang aktif dari Kelompok taninya." Peremajaan Kelompok tani ini kita sepakat, karena demi suksesi Kartu tani ini," Ujarnya.

Penulis:Ruri
Editor:Farida
Posting Komentar