Kabupaten Karawang Bakal Indahkan Lingkungan Kota Menggunakan Dana 12,5 Miliar - PELITA KARAWANG

Breaking

Post Top Ad

Selasa, 11 Juli 2017

Kabupaten Karawang Bakal Indahkan Lingkungan Kota Menggunakan Dana 12,5 Miliar

KARAWANG.-Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (PRKP) Kabupaten Karawang menganggarkan pembangunan taman di Karawang capai Rp10 milyar. Diantaranya pemeliharan sebesar Rp2,5 miliar. Jika ditotalkan keseluruhan anggaran untuk taman di Karawang sebesar Rp12,5 miliar.Demikian dikatakan oleh Kabid Pertamanan PRKP, Novi Gunawan, kepada wartawan.(11/7/2017).

Diharapkan penyegaran dan pembangunan taman-taman kota yang representatif ini, akan dimulai di bulan Agustus tahun 2017 menadatang. Mudah-mudahan berjalan lancar dan dapat segera rampung di akhir tahun 2017 ini, katanya.

Novi menjelaskan,  dinas melakukan penyegaran tanaman kota dengan membangun taman-taman kota serta memasang pot-pot bunga di sepanjang jalur jalan.

Rencananya, penyegaran dan pembangunan taman-taman tersebut akan dimulai dari sekitaran bundaran Ramayana dan depan Mega M, Karawang Kota. Kemudian diteruskan ke sepanjang jalur jalan Ahmad Yani By Pass, dari mulai terusan Gor Karawang sampai ke depan Perumahan Karang Indah.Lanjut ke sepanjang jalan kodim terusan ke arah jalan baru lingkar tanjung pura, dan membangun Ruang Terbuka Hijau (RTH) di wilayah Taman Bencong, Niaga-Karawang.

Dikatakannya, penyegaran dan pembangunan taman-taman kota ini dibuat agar Kabupaten Karawang menjadi jauh lebih asri. Sehingga membuat pemandangan para pengguna jalan baik pengendara kendaraan roda empat atau dua maupun para pejalan kaki akan dapat melihat pemandangan yang segar dan indah.Taman kota depan Ramayana dan Mega M akan disegarkan kembali dengan tanaman-tanaman yang lebih variatif dan berwarna, pot-pot-nya pun akan dibuat dengan motif batu bata, dan pengecatan ulang disetiap sudut taman. Selain itu juga tanaman-tanaman hias di bawah jembatan penyebrangan Ramayana-Mega M pun akan diisi dengan tanaman-tanaman yang indah dan mengisi ruang-ruang yang masih kosong."Dari depan Ramayana dan Mega M ini nanti kita akan teruskan dengan pemasangan pot-pot bunga dengan model yang sama dengan tanaman-tanaman yang bagus, dari mulai cemara, bunga-bunga bougenvil/kertas, pohon-pohon jeruk hias, dan lainnya sehingga sepanjang jalan akan kelihatan hidup," jelasnya.

Novi menambahkan,pembangunan taman-taman kota akan dilanjutkan ke sekitaran jalan terusan Kodim 0604 Karawang sampai tembus ke arah jalan baru, dengan membuat pot-pot bunga akan di sepanjang trotoar. Penyegaran pun akan dilakukan di taman kota bawah fly over Jalan Ahmad Yani By Pass. Di taman itu nanti seluruh tanaman akan di segarkan, pembuatan lampu-lampu taman sehingga nyaman bagi para pengguna taman kota, dan tentunya juga akan dilakukan pengecatan ulang.

"Jadi ada yang kami bangun, dan ada yang kami segarkan dengan membuat desain baru. Untuk depan Ramayana dan Mega M sudah kami buatkan DED-nya dan yang jelas pasti ada perubahannya, representatif bagi masyarakat Kabupaten Karawang," paparnya.

Kata dia,untuk Taman Bencong yang akan dibangun menjadi RTH representatif bagi masyarakat, dimana pembangunannya tersebut anggarannya didapat dari CSR Kereta Cepat Indonesia Cina (KCIC) sebesar Rp. 1 Miliyar. "Ya, selain dari CSR ada juga anggaran dari Kabupaten yaitu sebesar Rp.1 Milyar jadi total anggaran pembangunan sebesar Rp.2 Milyar, dan Revisi DED awalnya sudah ada ya tinggal pelaksanaannya, yang jelas akhir tahun 2017 ini semua program pertamanan kita sudah rampung" pungkasnya.
Posting Komentar